Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

TIDAK sedikit orang di dunia yang saat ini merasa kebingungan dan merasa resah dengan ketidakpastian wabah virus corona yang tengah menjadi pandemi. Terlebih, virus bernama resmi Covid-19 telah membuat banyak perubahan secara cepat, banyak sekolah yang diliburkan, sebagian kantor menerapkan kebijakan bekerja dari rumah dan sederet pusat perbelanjaan dan hiburan menutup gerai dan toko.

Bukan hanya itu, pemerintah pun mendorong warga untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak sosial, salah satunya adalah dengan tidak keluar rumah.

Hal itu pun berdampak langsung pada rutinitas latihan atau olahraga yang mungkin biasa Anda lakukan.

Namun, jangan terlalu larut dengan kecemasan. Anda masih bisa tetap bergerak aktif dan menjaga kebugaran tubuh meski di dalam rumah. Hal itu pun baik untuk mengurangi kecemasan, atau stres serta melepaskan endorfin yang juga baik untuk kesehatan mental.

Trainer profesional Sam Wood membagikan tips kepada Women's Health soal cara menjaga kebugaran tubuh di tengah physical distancing.

1. Latihan berat badan

Hal terbaik tentang latihan berat badan adalah pilihannya tidak terbatas. Selain itu, Anda tidak memerlukan peralatan apa pun.

Berikut adalah contoh latihan kardio berat badan yang dapat Anda lakukan di halaman belakang rumah atau di ruang tamu anda: burpee, mountain climbers, shoulder taps, split lunge jumps, squat jumps, alternating leg lowers dan plank.

Jika And masih bingung, latihan semacam ini juga bisa ditemukan di YouTube. Banyak trainer profesional yang membagikan latihan yang tepat di saluran YouTube mereka. Namu sebelum itu pastikan dulu bahwa mereka adalah trainer profesional.

2. Program pelatihan online

Hal lain yang juga bisa dilakukan agar tetap bugar di rumah adalah dengan mengikuti program pelatihan online. Banyak trainer profesional yang membuka pelatihan online dan memastikan Anda dapat terus bergerak di rumah.

3. Peregangan

Menghabiskan lebih lama dari biasanya di rumah seringkali berarti lebih banyak waktu untuk bersantai di sofa, bekerja dari tempat tidur dan aktivitas fisik yang jauh lebih sedikit sepanjang hari. Karena itulah, coba untuk sesekali melakukan peregangan tubuh.

Pastikan Anda secara teratur meluangkan waktu untuk bangun, bergerak dan melakukan peregangan agar membuat badan Anda tetap aktif bergerak.

4. Berpikirlah terbuka dan menjadi kreatif

Jangan fokus pada masalah yang sedang dihadapi, seperti saat ini adalah virus corona. Tapi fokuslah pada solusi yang bisa dilakukan. Cobalah untuk bisa berpikir lebih kreatif untuk membantu Anda tetap bergerak di rumah, seperti melakukan pilaters, yoga, menari, atau bahkan melakukan kegiatan rumah tangga sehari-hari yang membuat tubuh Anda bergerak aktif.




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health