Marie Kondo/Net
Marie Kondo/Net
KOMENTAR

PANDEMI virus corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi di hampir semua negara dan wilayah di dunia, mengharuskan banyak karyawan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau dikenal dengan istilah Work From Home (WFH). Hal itu dilakukan untuk mengerem penularan virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Konsultan, penulis, dan pembawa acara TV asal Jepang, Marie Kondo memiliki tips untuk membuat WFH nyaman dilakukan. Untuk diketahui, Marie dikenal sebagai konsultan bebenah dan penulis buku-buku terkenal mengenai cara hidup minimalis. Salah satu bukunya yang paling terkenal adalah "The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing".

Bukan hanya itu, dia juga memiliki tayangan serial sendiri di Netflix berjudul "Tidying Up with Marie Kondo". Karena latar belakangnya itu, dia kerap dijuluki sebagai "Ratu Bebenah".

Melalui situs web resminya, konmari.com, Marie membagikan tips asik bekerja dari rumah.

"Di mana pun Anda bekerja, penting untuk menciptakan lingkungan yang membantu Anda fokus. Ini sangat penting ketika bekerja dari rumah, yakni mempertahankan pembagian yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan rumah Anda," jelas Marie.

Berikut empat tips asik bekerja dari rumah ala Marie Kondo:

1. Buat tempat kerja yang rapi

Dalam bukunya "Joy at Work", Marie pernah menulis bahwa studi referensi yang dia rujuk membuktikan bagaimana kekacauan menguasai otak dan kompromi kemampuan untuk mengambil inisiatif, yang pada akhirnya menurunkan produktivitas.

Karena itu, penting untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang tenang dan tidak berantakan. Hal ini akan meningkatkan produktivitas dan kesenangan.

"Untuk sampai di sana, identifikasi barang-barang yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, dan tentukan tempat untuk mereka," tulis Marie.

"Jika Anda tidak memiliki kantor, sebuah kotak atau operator portabel akan berfungsi. Pindahkan semua barang yang tidak terkait dari ruang kerja Anda dan tambahkan satu hal yang memicu kegembiraan saat Anda melihatnya. (Sebagai contoh) saya menyimpan kristal kecil atau vas bunga segar di meja saya.

"Jika Anda bekerja di ruang multiguna, pastikan untuk menyimpan hal-hal penting pekerjaan Anda di luar penglihatan di akhir hari sehingga mereka tidak mengalihkan perhatian saat makan malam atau istirahat," tambahnya.

2. Tandai awal dan akhir waktu kerja

Sebelum Anda mulai bekerja, luangkan waktu sejenak untuk memusatkan diri Anda. Hal ini penting untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa sedang terjadi transisi kegiatan, dari kegiatan sehari-hari di rumah, menjadi kegiatan bekerja.

"Saya menyebarkan minyak esensial stimulasi untuk memberi sinyal ke tubuh saya bahwa saya mengganti persneling. Momen ini tidak harus rumit, pada kenyataannya, semakin sederhana semakin baik sehingga Anda akan cenderung melakukannya setiap hari," jelas Marie.

Demikian pula, tandai akhir hari kerja Anda dengan ritual sederhana. Seperti menyalakan musik atau mematikan notifikasi ponsel.

"Apa pun yang akan membuat Anda pindah ke bagian selanjutnya dari hari Anda dengan mudah," sambungnya,

3. Tetapkan batas dan istirahat

Rata-rata, kita menghabiskan kurang dari setengah dari hari kerja kami untuk tanggung jawab pekerjaan utama. Sisanya waktunya diambil oleh interupsi, tugas yang tidak penting dan administrasi, email dan rapat.

Karena itu, menurut Marie, penting untuk bisa mengenali perbedaan antara tugas-tugas yang mendesak dan penting.

"Pastikan tugas mendesak tidak menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda," kata Marie.

Selain itu, cara mengatur waktu secara efektif adalah dengan menjadwalkan waktu henti.

"Blokir jendela di kalender Anda setiap minggu untuk mematikan notifikasi, berjalan-jalan, atau biarkan pikiran Anda berkelana. Kreativitas Anda akan diisi ulang dan otak Anda akan lebih tajam," tambah Marie.

4. Jangan lupa jalin komunikasi




bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

Sebelumnya

Cegah Stunting dengan Program ABCDE dari Kementerian Kesehatan RI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News