Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KAMAR mandi merupakan salah satu tempat penting di rumah yang berpotensi menjadi sarang kuman dan penyakit. Karena itu, penting untuk memahami dengan baik soal bagaimana membersihkan kamar mandi dengan baik demi membunuh kuman penyakit. Terlebih di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi.

Menurut data yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine baru-baru ini, menjaga toilet, wastafel dan seluruh bagian di kamar mandi adalah kunci untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga di tengah pandemi virus corona.

"Kami akan lebih khawatir dengan permukaan yang tidak hidup," kata spesialis penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center, Dr. William Schaffner.

Dia menjelaskan bahwa setiap detergen atau disinfektan dan pembersih kamar mandi sebagian besar ampuh untuk membunuh virus serta kuman penyakit lainnya.

"Setiap desinfektan rumah tangga akan bekerja melawan virus ini," katanya.

"Dan sabun dan air bekerja dengan sangat baik," tambahnya.

Mengutip CNN (Senin, 27/4), Berikut langkah tepat membersihkan kamar mandi dari berbagai kuman dan penyakit serta potensi penularan virus.

Saat Anda bersiap untuk membersihkan kamar mandi, mulailah dengan mencuci tangan anda terlebih dahulu.

Gunakan disinfektan dengan kualitas baik yang ampuh membunuh virus.

Kemudian, prioritaskan untuk membersihkan area yang paling banyak disentuh di kamar mandi, termasuk keran, sakelar lampu, kenop pintu, dan area wastafel. Baru setelah itu fokus pada area yang lebih jarang disentuh di kamar mandi.

Setelah itu, bersihkan alat-alat yang biasa digunakan di kamar mandi yang paling sering disentuh, seperti pengering rambut, sikat gigi, alat cukur atau peralatan lainnya di kamar mandi.

Lalu, pastikan semua sudut kamar mandi telah dibersihkan sebelum mengakhiri proses pembersihan. Pasalnya, virus corona merupakan virus yang kuat bertahan di permukaan.

Meski begitu, jangan panik. Lakukan proses itu dengan seksama.

"Anda tidak perlu panik," kata  juru bicara American Cleaning Institute, Brian Sansoni.

Setelah kamar mandi dibersihkan, pastikan untuk membiarkannya basah selama 3 hingga 5 menit. Hal itu sejalan dengan rekomendasi dari American Cleaning Institute.

"Orang-orang tidak menyadari perlunya menunggu," kata Sansoni.

Dia menjelaskan, waktu tunggu itu berguna untuk memberikan waktu pada produk pembersih atau disinfektan untuk benar-benar bekerja dan membunuh kuman atau virus secara menyeluruh.

Setelah semua selesai, bersihkan tangan dan tubuh Anda dengan baik sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

Sansoni menekankan bahwa cara-cara di atas perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, mengutip temuan dari jajak pendapat Ipsos yang ditugaskan oleh organisasinya, ditemukan bahwa 42 persen orang Amerika tidak membersihkan atau mendisinfeksi kamar mandi dengan cara yang benar. Hal itu justru membuat setiap anggota keluarga di rumah rentan.




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health