Ustad Erick Jusuf
Ustad Erick Jusuf
KOMENTAR

RAMADAN tahun ini sungguh sangat berbeda dari Ramadan-Ramadan tahun sebelumnya. Segalan ibadah wajib dilakukan di rumah saja. Mengikuti tuntunan pemerintah dan ulama untuk tetap di rumah saja, juga merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan saat ini.

Menurut Ustad Erick Jusuf, dalam ceramahnya di acara Muslimah Creative Streaming Festival 2020, Minggu (10/5), ada beberapa hal yang wajib dilakukan muslim agar menjadi yang terpilih di bulan penuh berkah ini.

Yang pertama adalah bersabarlah. Memang hal ini tidak mudah, mengingat pandemi covid-19 memutuskan berbagai rantai kehidupan manusia, salah satunya menutup beberapa pintu rezeki. "Innalilahi ma'as shobirin, Allah bersama orang-orang yang sabar," kata Ustad Erick.

"Siapa yang tidak rindu dengan masjid, rindu beribadah dan beri'tikaf di masjid? Inilah waktu di mana kesabaran harus dikedepankan. Memang bukan hal mudah dan memerlukan effort yang luar biasa," ujar pendiri lembaga dakwah iHAQi ini.

Yang kedua adalah jangan terjebak pada hawa nafsu. Bertakwa itu adalah sebuah pilihan. Di sini, Allah telah menyiapkan surga yang sangat luas untuk orang-orang yang terpilih. Yaitu, orang-orang yang bertakwa, yang berinfaq meski ia kekurangan, dan orang-orang yang mampu berempati dengan keadaan. Ta'awun dan tafakur.

Ketiga, mampu menahan amarah atau kekesalan. Bahkan jika mampu, telanlah amarah dan kekesalan tersebut  agar tidak ada sisanya. Orang pemaaf adalah orang-orang pilihan. Allah mencintai orang-orang yang demikian.

"Bulan ini adalah bulan di mana Allah melipatgandakan pahala kita lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, di bulan Ramadan banyak manusia yang terjebak dengan perayaan, buka bersama, dan sebagainya. Padahal sebenarnya selama Ramadan kita harus mampu menarik diri dari keramaian dan rutinitas. Seperti Nabi Muhammad SAW yang bertafakur di Gua Hira," saran dia.

"Yakin kan pula pada diri sendiri bahwa Allah lah Yang Maha Pemberi Rezeki. Rezeki itu di antar dan manusia lah yang membuka pintu langit dengan cara ikhtiar dan bertakwa. Yakinlah bahwa masalah sebesar apapun yang dihadapi, Allah pasti akan memberikan jalan," ucapnya.

Dengan begitu, kita akan menemukan Tuhan kita. Jadilah kita orang-orang yang spesial, agar dapat masuk ke dalam golongan orang-orang yang terpilih.




Menyelamatkan Hati dari Rasa Sakit

Sebelumnya

Bangsa Bermental Merdeka

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur