BELAKANGAN ini kita sering mendengar istilah kata Burn Out, yaitu kondisi stress kronis yang menjadikan seseorang merasa lelah fisik, mental dan emosional. Masalah pekerjaan adalah hal yang paling sering menjadikan seseorang merasakan Burn Out.
Burn Out adalah kondisi stress kronis ketika karyawan sudah merasa lelah secara fisik, mental dan emosional yang disebabkan oleh pekerjaannya.
Burn Out ditandai kelelahan fisik, kelelahan mental dan kelelahan emosional.
Penyebab Burn Out
Hal-hal yang melatarbelakangi terjadinya Burn Out di lingkungan kantor antara lain :
Bekerja Terlalu Keras
Umumnya terjadi pada seseorang yang terobsesi pada kesuksesan. Atau bisa juga terjadi pada seseorang yang memiliki beban kerja berlebih atau tidak proporsional sehingga sering mengorbankan kehidupan personal dan kesehatan.
Tidak Mendapat Apresiasi
Apresiasi merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dalam bekerja. Kurangnya apresiasi di lingkungan kerja akan membuat karyawan merasa tidak dihargai dan frustasi dengan pekerjaannya.
Dinamika Disfungsional di Tempat Kerja
Adanya intimidasi di kantor, diremehkan atau diacuhkan oleh rekan kerja dan atasan sering menjadi penyebab utama burn out. Hal ini akan berakibat penurunan motivasi kerja karena memicu munculnya perasaan kurang kompeten dalam menjalani setiap tuntutan pekerjaan.
Bagaimana cara mengatasi Burn Out di kantor? Mari kita bahas.
Buat Prioritas Pekerjaan
Buat urutan prioritas pekerjaan, sehingga kita dapat memahami pekerjaan yang harus lebih dahulu dikerjakan, sehingga energi tidak terkuras banyak.
Komunikasikan dengan Atasan
Jika ada hal-hal yang kurang sesuai atau menjadi kendala di tempat kerja, bicarakan dengan atasan. Sampaikan bahwa anda terbebani dan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengatasi masalah tersebut.
Kurangi Ekspektasi
Kurangi ekspektasi terhadap pekerjaan yang tengah dilakukan, bersikaplah realistis dan proporsional, sehingga kita akan dapat mengurangi kecemasan dan stress di tempat kerja.
Jaga Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi
Bekerja memang penting untuk menunjang karir dan penghidupan kita. Namun seringkali terlalu keras bekerja membuat kita bersikap kurang adil terhadap diri sendiri. Akibatnya sering merasa burn out ketika merasa kelelahan. Ketika mulai merasakan hal itu, ambilah waktu untuk cuti dan liburan sejenak untuk memulihkan kesehatan fisik, mental dan emosional. Fokus kepada diri sendiri dan manfaatkan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat.
Ubah Gaya Hidup
Mengubah gaya hidup dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi burn out di kantor. Menambah waktu ibadah, seperti membaca Al Quran, melakukan shalat malam dan dzikir dapat membantu untuk mengatasi burnout. Selain itu Pola makan seimbang, rutin berolahraga dan tidur yang berkualitas dapat mengembalikan kesegaran tubuh kita. Mulailah lakukan hobi sebagai selingan agar kita tidak mudah mengalami kejenuhan ketika bekerja.
Bila Anda merasakan burn out di kantor, segeralah mengatasi dengan cara-cara tersebut. Jika cara tersebut sudah diterapkan, maka anda bisa berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat atau mulai mempertimbangkan untuk mencari peluang di tempat kerja yang lain.
KOMENTAR ANDA