KOMENTAR

RASA bangga dan bahagia menyelimuti hati Khansa Syahla Aliyah atau dikenal dengan nama Khansa Summiters setelah berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Elbrus, Rusia tepat di HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 waktu setempat.

Namun yang mencengangkan adalah puncak Elbrus—puncak tertinggi di Eropa—adalah puncak gunung ke-77 yang berhasil ditaklukkan Khansa di usianya yang baru 16 tahun!

Keberhasilannya ini membuat nama Khansa tercatat dalam sejarah sebagai pendaki termuda Indonesia sekaligus pendaki perempuan termuda yang menaklukkan Elbrus.

Rencana Khansa mendaki Elbrus untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia mendapat dukungan dari Menparekraf Sandiaga Uno.

Remaja kelahiran Bogor yang bersekolah di SMA Labschool Jakarta ini sudah menyukai mendaki gunung sejak usianya masih lima tahun. Maklumlah, ayah Khansa juga memiliki hobi yang sama. Dan gunung pertama yang berhasil ia daki adalah Gunung Bromo.

Di usia tujuh tahun, Khansa sudah mencatat rekor di Tanah Air dengan menjadi pendaki termuda yang berhasil menaklukkan puncak Gunung Rinjani.

Khansa juga pernah menaklukkan Gunung Jayawijaya yang bersalju di tahun 2017 dan terlibat dalam The 7 Longest Indonesia bersama sang ayah dan pendaki lainnya yang berakhir pada Desember 2021.

The 7 Longest Indonesia adalah ekspedisi menaklukkan tujuh puncak gunung di Indonesia, dari Gunung Leuser hingga Puncak Kabentonu di Sulawesi.

Berkibarnya Merah Putih di puncak tertinggi di benua biru menjadi hadiah indah Khansa untuk negara tercinta. Indonesia bangga!




Hanifa Ambadar, Pelopor Komunitas Beauty Enthusiast di Indonesia

Sebelumnya

Gencarkan Family Farming di Kalangan Santri Pesantren Ath-Thaariq, Nissa Wargadipura Raih Anugerah “FAO Heroes” dari PBB

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women