Rujak/ Net
Rujak/ Net
KOMENTAR

LAGI-lagi makanan khas Indonesia diakui kelezatannya di dunia internasional. Setelah rendang, kue putu, dan lainnya, kini giliran kerak telor, gado-gado, rujak, dan getuk yang masuk dalam 50 The Best Street Foods Asia.

Bagi turis mancanegara, rasanya belum mantap jika ke Indonesia tidak menikmati gurihnya kerak telor, aneka ragam sayur dan buah yang ada pada gado-gado dan rujak, serta manisnya getuk. Keempat panganan ini kini menjadi yang paling dicari untuk dinikmati.

Gado-Gado

Gado-gado sebelumnya masuk dalam daftar salad terbaik di dunia. Sekarang, gado-gado ada di urutan 50 besar jajanan pinggir jalan yang terbaik di Asia.

Gado-gado merupakan kuliner khas Jakarta yang menyehatkan. Bagaimana tidak, aneka sayuran rebus dicampur irisan telur dan kerupuk, lalu dilumuri bumbu kacang, membuat gado-gado begitu segar dalam hidangannya.

Rujak

Mirip dengan gado-gado, rujak juga merupakan campuran dari berbagai buah yang tentunya sangat menyehatkan. Biasanya ada mangga, jambu air, bengkoang, nanas, dan masih banyak lagi. Ditambah sambal colek yang dicampur dengan terasi dan kacang, menambah selera saat mencocolnya.

Dalam perjalanan sejarahnya, rujak merupakan salad buah yang berasal dari Jawa Timur. Kemudian, berkembang di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, dan akhirnya sampai ke Jakarta.

Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan legendaris khas Betawi yang terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, dan ebi. Disajikan bersama topping bawang goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.

Getuk

Getuk merupakan salah satu camilan khas Indonesia, yang bisa ditemukan di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Setiap daerah punya jenis getuk masing-masing, dan tentunya dengan ciri khasnya sendiri.




Duta Besar RI Lutfi Rauf Presentasikan Peluang Kerja Sama Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah

Sebelumnya

Sekjen D8 Usulkan Sekretariat Kamar Dagang D8 di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News