KOMENTAR

PADA sebagian wanita, bulu-bulu yang muncul di beberapa bagian anggota tubuh, bisa saja sangat mengganggu. Mereka kemudian memilih untuk menghilangkannya, dengan cara di-waxing atau shaving (cukur).

Shaving adalah metode menghilangkan bulu dengan bantuan alat cukur. Pisau cukur akan memotong bulu dari permukaan kulit. Sedangkan waxing, merupakan metode menghilangkan bulu dengan lilin hangat, sehingga bulu menempel kuat dan tercabut hingga ke akarnya.

Sebelum melakukan waxing ataupun shaving, ada baiknya kamu memerhatikan terlebih dulu mana yang lebih aman, sehingga tidak melukai kulit.

Shaving

Bercukur memang lebih mudah dan simpel. Kamu cukup menyiapkan alat cukur dan shaving cream, atau lembabkan kulit terlebih duku dengan menggunakan krim atau sabun lembut, hingga berbusa.

Tidak hanya simpel, bercukur tidak akan menimbulkan rasa sakit selama permukaan kulit cenderung rata dan pisau cukur dalam kondisi tajam. Bercukur juga tidak harus menunggu bulu panjang. Dan jika area kulit yang ingin dibersihkan cukup luas, sebaiknya dicukur.

Sayangnya, shaving memiliki efek samping seperti gatal, goresan, sensasi terbakar, ingrown hair, dan folikulitis atau peradangan folikel rambut.

Jika ingin bercukur di dekat area intim, disarankan tidak menggunakan shaving cream yang tinggi kandungan parfumnya. Sebab, area intim merupakan kulit yang tipis dan rentan iritasi jika terpapar komponen iritan, termasuk parfum.

Waxing

Waxing memang memberikan hasil lebih baik, karena bulu-bulu tercabut hingga ke akarnya. Namun, rasa sakitnya hanya beberapa saja yang bisa menahan. Dan, waxing menuntut kondisi bulu yang cukup panjang, paling tidak 1 cm dari permukaan kulit.

Proses waxing melibatkan campuran lilin hangat yang dibalurkan di area yang ingin dibersihkan. Kemudian, lembar kertas ditempelkan hingga kira-kira lilin mongering. Lalu, kertas ditarik cepat, berlawanan dengan arah bulu-bulu tumbuh.

Waxing mampu memberikan hasil kulit bebas bulu lebih tahan lama, karena mampu mencabut bulu hingga akar. Kulit juga halus lebih lama, karena bulu akan menjadi lebih tipis, bahkan pasa beberapa kasus tidak tumbuh sama sekali.

Hanya saja, waxing bisa memberikan efek samping berupa rasa sakit, kemerahan, iritasi, kulit bertekstur, sensitif terhadap sinar matahari, reaksi alergi, ingrown hair, dan sensasi seperti terbakar. Tergantung pada kondisi kulit dan keterampilan seseorang.

Begitulah kelebihan dan efek samping bercukur dan waxing. Kamu bisa memilih mana yang kira-kira tidak memberikan efek samping berbahaya bagi kulit.




Contek 6 Gaya Busana ala Perempuan Eropa di Musim Gugur

Sebelumnya

Y.O.U Luncurkan Sunbrella, Hadirkan Formula Khusus yang Aman Digunakan Mulai Anak Usia 3 Tahun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA