Harga BBM terbaru/ ANTARA
Harga BBM terbaru/ ANTARA
KOMENTAR

NAIKNYA harga BBM di tengah harga minyak dunia yang sedang turun memang mesti disikapi sebijak mungkin. Kita juga harus menyiapkan diri menghadapi kenaikan harga dan biaya lainnya menyusul naiknya harga BBM.

Salah satu hal bijak yang harus kita lakukan adalah menghemat pemakaian BBM, terutama bagi para pengendara motor.

Berikut ini 6 cara yang bisa diterapkan para pengendara motor untuk menghemat bensin, dikutip dari laman resmi Suzuki.

1# Mengemudikan motor dengan stabil

Berkendara dengan tidak 'ugal-ugalan' menjadi satu kunci hemat BBM. Jika kita terlalu ngebut atau terlalu pelan, kerja mesin menjadi lebih berat. Jangan terlalu sering mengerem mendadak dan menarik gas berlebihan.

2# Memanaskan motor cukup lima menit saja

Terlalu sering memanaskan motor dalam waktu 10 hingga 15 menit hanya membuang-buang BBM. Cukup panaskan mesin motor paling lama lima menit.

3# Memastikan motor dalam kondisi baik

-Tekanan udara ban motor: Tekanan udara yang kurang pada ban akan membuat kerja mesin makin berat hingga BBM terpakai lebih banyak. Cek kondisi ban setiap satu atau dua minggu sekali.

-Filter udara: Jika filter tersumbat kotoran, suplai udara akan terganggu hingga bahan bakar boros. Bersihkan dengan rutin setiap 2.000 km dan ganti jika sudah tak layak pakai.

-Busi: Jika busi kotor, bensin jadi lebih boros. Cek kondisi busi setiap 4.000 km. Jika ada yang rusak, minta teknisi untuk segera menggantinya.

4# Menggunakan oli berkualitas

Tanpa oli berkualitas, kinerja tarikan mesin motor jauh lebih berat hingga bahan bakar jadi boros. Ganti oli setiap 2.000-3.000 km dan pastikan oli yang digunakan adalah oli berkualitas baik, bukan oli bekas.

5# Memperhatikan berat beban motor

Jangan paksa motor untuk mengangkut penumpang atau mengangkut barang yang jauh melebihi kapasitasnya. Mesin motor akan bekerja lebih berat, bensin lebih boros, dan tidak aman bagi pengendara.

6# Mengurangi 'ketergantungan' dengan motor

Untuk keperluan jarak dekat, alangkah baiknya bila kita memilih berjalan kaki. Tak hanya menghemat pengeluaran BBM, berjalan kaki juga menyehatkan.




Growth Strategist Ini Bagikan 3 Tips Jitu Jadi Perempuan Mandiri Finansial

Sebelumnya

Hempas Rasa Minder dengan 5 Bentuk Apresiasi Diri, Coba Yuk!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family