Ilustrasi anak melakukan meditasi/Net
Ilustrasi anak melakukan meditasi/Net
KOMENTAR

MEDITASI adalah praktik yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Meditasi lebih sering dilakukan oleh orang dewasa, untuk menenangkan pikiran.

Namun, meditasi ternyata juga baik dilakukan oleh anak dan remaja. Tidak hanya menghilangkan stres dan membantu mengurangi depresi, ada banyak manfaat meditasi untuk anak.

Yang membedakan meditasi anak dengan dewasa hanyalah modifikasi waktu, rentang perhatian, dan tingkat stres yang ditunjukkan oleh anak. Selain itu, meditasi anak juga membutuhkan perhatian dan bimbingan orangtua.

Mengutip Healthy Children, rentang waktu meditasi yang bisa dilakukan oleh anak, disesuaikan dengan usianya. Misal, anak-anak pra sekolah hanya beberapa menit per hari, anak-anak sekolah 3-10 menit dua kali sehari, dan remaja dan dewan 5-45 menit per hari atau berdasarkan rekomendasi pembimbing.

Cara melakukan meditasinya adalah:

  • Duduk atau berbaring di matras. Kosongkan pikiran, kemudian bernapas yang lambat-lambat dan dalam. Beri contoh sebelum melakukannya bersama-sama.
  • Masih dalam posisi duduk atau berbaring, dengarkan alunan musik yang menenangkan.
  • Ajari anak untuk mewarnai atau menggambar di kertas.
  • Angkat kedua tangan, arahkan ke depan, atas, dan bawah dengan perlahan tapi pasti. Ajak anak untuk merasakan udara yang terdorong saat menggerakkan tangan.
  • Berjalanlah tanpa menggunakan alas kaki. Ajak anak merasakan tanah yang dipijak, fokuskan pikiran pada rasa yang timbul.

Metode meditasi dengan cara seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan anak, meningkatkan konsentrasi, menenangkan pikiran, dan mengekspresikan emosi.

Tak hanya itu, peneliti Universitas Florida, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa, selain mengurangi depresi dan stres, meditasi pada anak baik untuk meningkatkan hubungan antara anak dengan orangtua.

Kemudian, meningkatkan kepercayaan diri, kebahagiaan, memperkuat kontrol diri, dan memberi waktu tenang di sela-sela kegiatan anak yang padat.

Jika Bunda ingin melakukan meditasi pada anak, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health