SENYUM merupakan alat komunikasi yang sederhana namun sangat bermakna. Senyum juga menjadi salah satu etika ketika bertemu dengan orang lain, termasuk di dalam lingkungan kerja.
Lalu apa manfaatnya tersenyum di tempat kerja?
Meningkatkan rasa syukur
Senyum dapat meningkatkan rasa syukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk beramal salih dan berkarya. Selain itu, senyum akan meningkatkan semangat kita untuk mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang kita miliki, sekaligus untuk menimba ilmu demi meningkatkan kemampuan diri (skill) yang akan bermanfaat untuk masa depan.
Memberikan mood yang baik
Senyum dapat memberikan mood yang baik terhadap diri sendiri di lingkungan kerja. Senyum juga dapat menurunkan kadar ketegangan atau stres karena dapat melepaskan endorfin sehingga kita akan merasa lebih bahagia.
Meningkatkan produktivitas
Beban kerja dan tenggat waktu (deadline) yang pendek seringkali menimbulkan ketegangan sehingga membuat mood turun. Dengan tersenyum, energi positif akan mengalir dan menyebar ke suasana kerja hingga meningkatkan produktivitas kerja.
Meningkatkan kepercayaan Diri
Senyum dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, kinerja kita akan meningkat. Dan bila kinerja kita meningkat, karier kita akan semakin cemerlang.
Membangun hubungan baik
Senyum tulus kepada rekan kerja akan memberikan rasa nyaman bagi mereka berada di dekat kita. Hal tersebut tentu membuat suasana kerja di kantor menjadi menyenangkan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kita untuk menjalin komunikasi, terlebih saat kita membutuhkan bantuan dari rekan kerja.
Memperoleh kepercayaan
Senyum yang santun dan ramah memberi kesan seseorang memiliki sifat terbuka dan open minded. Dengan begitu, atasan maupun rekan kerja dapat merasakan kehangatan kita, dan itu akan membuat orang lain menaruh kepercayaan terhadap kita.
KOMENTAR ANDA