Sejumlah anak-anak menikmati olahraga panahan/Dok Dewi
Sejumlah anak-anak menikmati olahraga panahan/Dok Dewi
KOMENTAR

OLAHRAGA panahan kini kian diminati anak-anak. Bahkan beberapa orangtua di Jabodetabek memilih untuk memasukkan anaknya ke beberapa klub panahan, sekadar mengisi libur akhir tahun.

Meski seringnya kita melihat olahraga panahan dilakukan oleh para atlet, namun olaraga yang menantang ini sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Panahan sendiri merupakan jenis olahraga atletik yang melibatkan penggunaan bususr untuk menembakkan anak panah ke papan sasaran. Artinya, butuh kontrol, fokus, dan akurasi yang baik.

Aktivitas ini tentunya sangat banyak manfaat bagi kesehatan anak, baik dari segi fisik maupun mental, di antaranya:

  • Membakar kalori.
  • Membangun kekuatan otot.
  • Melatih kontrol dan fokus.
  • Meningkatkan koordinasi antara tangan, mata, kaki, dan postur tubuh.
  • Melatih kesabaran.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Mengasah skill sosial (jika bergabung dengan klub panahan).
  • Mengelola emosi dengan baik.

Selama peralatan untuk memanah lengkap, sebenarnya olahraga ini bisa dilakukan di mana saja. Tapi, mempertimbangkan faktor keamanan dan kepraktisan, ada baiknya panahan dilakukan di lapangan khusus.

Nah, buat Bunda yang berminat untuk melibatkan Ananda dalam olahraga panahan saat libur akhir tahun ini, berikut beberapa rekomendasi lapangan panahan yang ada di jabodetabek.

1. Lapangan panahan GBK

Untuk pemula dan ingin berlatih dengan pelatih professional, Bunda bisa mendaftarkan Ananda ke Jakarta Archery Club (JAC) yang ada di sini. Pemula bisa memilih program play & pay, dengan durasi 2 jam. Dalam kelas tersebut, kamu akan diberikan informasi dan pelatihan dasar memanah.

2. Lapangan panahan Pulomas

Di lapangan ini tersedia berbagai jarak memanah untuk pemula dan professional, yang dipandu oleh coach yang berpengalaman. Jadi, sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga yang ingin mulai berlatih memanah.

3. Fath Archery Jakarta

Di sini, berbagai peralatan memanah, seperti busur replika dan anak panah, sudah disediakan. Selain menjadi sarana penunjang hobi anak dan keluarga, Fath Archery juga sering mengadakan kompetisi yang bisa menunjang pemanah untuk serius menggeluti cabor ini.

4. Shoot Archery Gandaria City

Konsep wahana memanah dalam pusat perbelanjaan ini menawarkan pengalaman menarik untuk para pemula yang ingin berlatih memanah atau menguji kemampuan membidik sasaran. Sangat cocok sebagai sarana hiburan, sekaligus olahraga untuk anak dan keluarga.

Untuk Bunda yang tertarik anaknya tergabung dengan olahraga yang mulai popular berkat film The Hunger Games dan 3 Srikandi ini, biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau.

Di Indonesian Archery School Program, misalnya, dikenai biaya Rp 75 ribu per sesi dengan durasi 1 hingga 1,5 jam. Bagaimana, tertarik untuk ikutan, Bun?




Mengapa Mengasuh Anak Sekarang Jauh Lebih Sulit Dibandingkan Dulu?

Sebelumnya

Mata Ibu, Silvia Menjadi Komentator Bola bagi Anaknya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting