SIM Indonesia/Net
SIM Indonesia/Net
KOMENTAR

BERKENDARA di luar negeri ternyata tidak melulu harus menggunakan SIM internasional. Beberapa negara membolehkan warga Indonesia memakai SIM sendiri saat membawa kendaraan. Jenis kendaraannya tentu saja disesuaikan dengan SIM yang ada.

Menurut Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akasa Rambing, saat ini sudah ada perjanjian “Agreement and the Recognition of Domestic Driving License Issued” yang diterbitkan oleh ASEAN pada 7 September 1985 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Perjanjian tersebut menyebutkan, setiap warga yang berkendara di Kawasan negara Asia Tenggara tetap bisa menggunakan SIM domestik negara asal, tanpa wajib membuat SIM internasional.

Lalu, negara mana saja yang sudah menerapkan perjanjian tersebut?

1. Singapura

Di Singapura, SIM Indonesia hanya berlaku 12 bulan semenjak kedatangan. Bila lebih dari itu, maka pengendara wajib menggunakan SIM Internasional atau SIM Singapura.

2. Malaysia

Peraturannya agak berbeda, supaya legal berkendara, selain SIM Indonesia pengendara juga wajib memiliki SIM internasional. Baik SIM domestik maupun internasional tidak boleh kadaluarsa.

Bila belum memiliki SIM internasional, warga bisa mendapatkannya lewat Institut Mengemudi Malaysia. Kebijakan ini berlaku sejak 2018, terkait SIM bagi Warga Negara Asing (WNA).

3. Amerika Serikat

Beberapa negara bagian di Amerika Serikat, mengharuskan pengemudi memiliki SIM domestik dan SIM internasional. Namun di California, WNA bisa menggunakan SIM asal negaranya yang sah, tanpa SIM internasional, asal SIM mencakup jenis kendaraan yang dikendarai di sana. Tapi, tidak ada salahnya jika menyiapkan SIM internasional.

Kembali ke Agreement and the Recognition of Domestic Driving License Issued, perjanjian ini awalnya hanya diterapkan oleh Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, dan Thailand. Namun pada 1997, perjanjian tersebut diadopsi oleh negara anggota lainnya, seperti Vietnam, Laos, hingga Myanmar.

Kamboja sendiri baru meratifikasi perjanjian ini pada 1999. Namun perlu dicatat, ada beberapa negara yang memberlakukan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi.




Makan Bergizi Gratis Tidak Untuk Cegah Stunting Tapi Siapkan Fisik dan Mental Anak Sekolah

Sebelumnya

3 Rahasia di Balik Viralnya Cokelat Dubai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon