Aan Rohanah, anggota DPR RI Fraksi PKS yang peduli pada perempuan, anak, dan keluarga/Net
Aan Rohanah, anggota DPR RI Fraksi PKS yang peduli pada perempuan, anak, dan keluarga/Net
KOMENTAR

PARA orang tua harus menyadari pentingnya memperkenalkan dan membiasakan membaca dan mempelajari Al-Qur’an kepada anak sejak usia dini. Selain akan menuntun masa depan anaknya ke jalan yang benar, juga untuk meningkatkan harkat para orang tua itu di hadapan Allah, di akhirat kelak.

Sebab, barang siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajari dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. 

Anak menghafal Al-Qur’an butuh kiat tersendiri. Namun yang terpenting adalah konsistensi waktu yang disediakan setiap harinya untuk fokus menghafal Al-Qur’an, sehingga akan terasa lebih mudah dan cepat.

Dikutup dari unggahan laman instagram milik Perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak Ustazah Dr Aan Rohanah Lc MAg, berikut ini kiat-kiat yang bisa Sahabat Farah lakukan:

1. Beriman atau yakin terhadap kebenaran dan keagungan Al-Qur’an yang dapat membuat hati tunduk, tawadhu’, khusyuk dan beradab saat menghafal Al-Qur’an.

2. Bertadabbur terhadap ayat yang akan dihafal, sehingga dapat memahami isi dan maksud ayat tersebut. Ada baiknya sebelum memulai menghafal suatu ayat, membaca dulu terjemahnya.

3. Jika ada lafaz yang sangat asing atau agak sulit diucapkan, maka bacalah arti lafaz tersebut agar bisa membantu untuk mudah mengingatnya.

4. Mengulang-ngulang ayat yang sedang dihapal dengan bersuara, sehingga terdengar oleh dirinya sendiri.

5. Menikmati dan tidak merasa terbebani saat mengulang-ngulang ayat yang sedang dihapal, sekalipun harus diulang berulang kali.

6. Ayat-ayat yang sudah dihapal sering dibaca dalam shalat, karena semakin banyak melafadzkan ayat-ayat yang sudah dihapal dapat mengasah akal lebih cerdas.

7. Banyak mendengarkan bacaan Al-Qur’an dari media elektronik untuk mengoreksi keakuratan ayat yang sudah dihapal dan bisa membantu akal lebih cerdas.

8. Menjauhi maksiat, sebab Al-Qur’an itu cahaya Allah tidak akan bertempat di hati dan jiwa yang kotor yang telah dilumuri oleh dosa perbuatan2 maksiat.

9. Banyak berdoa di waktu-waktu yang mustajab agar Allah memberikan akal yang cerdas, cepat dan mudah dalam menghapal serta memiliki daya ingat yang kuat.

Nah, gimana Sahabat Farah? Semoga Allah mudahkan kita untuk mejadi orang tua yang senantiasa selalu mengajarkan kebaikan kepada anak-anak kita.




Growth Strategist Ini Bagikan 3 Tips Jitu Jadi Perempuan Mandiri Finansial

Sebelumnya

Hempas Rasa Minder dengan 5 Bentuk Apresiasi Diri, Coba Yuk!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family