PENGALAMAN sebagai ibu baru bisa menjadi hal yang membahagiakan dan penuh tantangan. Kepercayaan diri ibu yang rendah usai melahirkan, gejala depresi, dan stres telah diidentifikasi sebagai aspek yang dapat berpengaruh terhadap pola asuh dan hubungan ibu dengan bayi pada tahap awal pertumbuhan, yang akhirnya bisa berdampak pada kesehatan bayi di masa depan.
Berawal akan hal ini, My Baby menggelar kampanye edukasi tahunan #MYBABYMomversity. Kampanye Momversity ini telah menjangkau lebih dari 38 juta ibu Indonesia dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini, Momversity mengangkat tema #PositiveParenting.
General Manager Communication and Content My Baby, Melani Dwi Astuti mengatakan, #MYBABYMomversity yang digelar secara berkelanjutan setiap tahun merupakan salah satu wadah edukasi bagi komunitas ibu untuk saling terhubung, bertukar informasi, dan memberikan dukungan satu sama lain.
“Tahun ini, My Baby juga telah memilih 20 orang Mom yang kreatif dan inspiratif untuk tergabung dalam MY BABY Momunity 2022, sebagai perpanjangan tangan yang membawa semangat Momversity bagi para ibu di sekitarnya agar lebih percaya diri,” kata Melani.
Berdasarkan data yang dikutip dari Profil Anak Indonesia Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2021, jumlah anak Indonesia berusia 0 hingga 17 tahun yang harus dipenuhi hak-haknya dan diberikan perlindungan secara khusus melalui pengasuhan positif adalah 79,7 juta jiwa. Sebanyak 3,69% balita diketahui mendapat pengasuhan tidak layak (berdasarkan Susenas Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (MSBP) 2021).
Keseruan aktivitas ibu dan anak di My Baby Momversity/Dok My Baby
My Baby, sebagai brand yang memahami kebutuhan bayi dan anak di setiap tahapan tumbuh kembangnya, terutama pada 720 hari periode emas sejak dilahirkan, tidak hanya hadir melalui rangkaian lengkap dan inovasi produk perawatan bayi dan anak, namun turut menyertai perjalanan ibu dalam mewujudkan positive parenting.
#MYBABYMomversity tahun ini menghadirkan sejumlah kelas inspiratif yang seru dan penuh ilmu, yaitu Self Development as Momfluencer Class bersama dr Mesty Ariotedjo, SpA, (founder Tentang Anak Official), Sensory Play Class bersama Buumi Playscape dan Cooking Class bersama Chef Devina Hermawan.
Dokter Mesty menjelaskan, ada keterhubungan antara tingkat kepercayaan diri Ibu terhadap pola asuh anak. Kurangnya rasa percaya diri seorang ibu tidak hanya memengaruhi konsep diri dan kesehatan fisik serta mentalnya sendiri, tetapi juga bisa membuat ibu kurang peka terhadap peran sebagai orang tua dan bahkan dapat berakibat mencederai hubungan orang tua dan anak di kemudian hari.
“Maka, pengasuhan positif merupakan hal yang sangat krusial, terutama saat anak berada pada periode emasnya, yaitu 720 hari pertama sejak dilahirkan. Dukungan sosial berupa komunitas yang diwadahi oleh Momversity ini merupakan salah satu elemen penting dan memberi pengaruh positif dalam membangun kepercayaan diri ibu,” ujar Mesty.
Selain mendapatkan pengetahuan baru dari para ahli, seluruh MY BABY Momunity 2022 juga diajak untuk mengasah kemampuan sensori anak melalui kegiatan sensory play yang nantinya dapat dipraktekkan di rumah. Alat dan bahan yang digunakan harus mendukung stimulasi sensori anak-anak, salah satunya adalah produk baru My Baby Oil Plus Citronella, dengan keharuman dan tekstur lembut yang bisa digunakan untuk membuat Baby Sensory Bottle.
“My Baby sebagai ahlinya minyak telon di Indonesia, telah meluncurkan My Baby Minyak Telon Plus Lavender dengan harum menenangkan. Setiap produk baru dari My Baby mendapatkan antusiasme yang luar biasa. Karenanya, My Baby terus berinovasi dengan meluncurkan produk terbaru MY BABY Oil Plus Citronella,” demikian Mesty.
KOMENTAR ANDA