Rancangan The MUkaab/Net
Rancangan The MUkaab/Net
KOMENTAR

PEMERINTAH Arab Saudi mengumumkan rencana untuk membangun megaproyek The Mukaab di ibu kota negara itu, Riyadh. Proyek yang merupakan bagian dari The New Murabba Development ini akan menjadi kota pintar yang berkelanjutan.

Disebut-sebut, bangunan The Mukaab yang akan dibangun memiliki struktur berbentuk kubus berongga yang mampu memuat 20 kali volume Empire State Building di New York. Proyek ini akan mencakup museum, universitas teknologi dan desain, teater multiguna, dan lebih dari 80 tempat hiburan serta budaya. 

Dilansir dari Arab News, The New Murabba akan memiliki luas lantai lebih dari 25 juta kilometer persegi, 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, 980.000 meter persegi ruang ritel, 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi aset rekreasi dan 1,8 juta meter persegi fasilitas masyarakat. Di dalam kota pintar itu pun akan dilengkapi sistem transportasi sendiri, serta  memilki akses jarak 20 menit berkendara dari bandara.

Konstruksi proyek itu diharapkan selesai pada 2030. Setahun sebelumnya, Arab Saudi mengumumkan akan membuat gedung pencakar langit sepanjang 100 mil, yang dapat menyediakan rumah masa depan bagi sembilan juta orang penduduknya.

Mega proyek The Mukaab bertujuan untuk menciptakan 334.000 lapangan kerja baru dan menambah pendapatan US$ 48 miliar dari non-minyak ke produk domestik bruto Arab Saudi pada 2030.

Mukaab dalam bahasa arab memiliki arti kubus. Bangunan  ini nantinya akan memiliki tampilan persis seperti bangunan Kabah di Kota Mekah yang menjadi tempat suci umat islam. 

Rancangan tampilan Mukaab mendapat kritikan keras dari netizen. Warga net menilai, banunan ini sangat mirip dengan Kabah sehingga dicurigai sebagai citra ramalan mengenai akhir jaman, yakni tanda-tanda kedatangan Dajjal.




Dispusip Gelar Festival Literasi Jakarta 2024 Bertema "Literasi Jakarta Membangun Indonesia"

Sebelumnya

KAHMI dan BPJPH Berkolaborasi untuk Gelar Konferensi Halal Food dan Pengembangan Ekosistem Halal di Korea Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News