Tokopedia berikan panduan laris manis bagi pelaku bisnis pengguna layanan/Dok Tokopedia
Tokopedia berikan panduan laris manis bagi pelaku bisnis pengguna layanan/Dok Tokopedia
KOMENTAR

RAMADAN selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia, termasuk para pelaku bisnis. Sebuah laporan menunjukkan, sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada setiap Ramadan. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan, bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023

Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan. Riset Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet, menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi.

“Beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain fesyen, makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesoris, serta rumah tangga, adalah yang paling banyak dicari. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan travel, dan kecantikan,” kata Edwin.

“Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50%, dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%. Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir,” papar dia.

Melihat tren konsumen di Ramadan 2022, pelaku bisnis dari berbagai skala bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023 dengan Tokopedia Marketing Solutions, yaitu solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan, salah satunya di halaman utama Tokopedia yaitu menggunakan banner di lokasi premium Homepage Banner, banner di lokasi strategis lainnya Dynamic Channel, permainan interaktif berhadiah Tap Tap Kotak dan kanal video streaming Tokopedia Play.

“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia juga melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” ujarnya.

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian TopAds, menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen Tokopedia Display Network, serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (Popular Search).

“Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan, termasuk Broadcast Chat, serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia Marketing Services,” terangnya.




Catatan Akhir Tahun Paramadina x INDEF: Pentingnya Pertumbuhan Ekonomi yang Konsisten untuk Menjadikan Indonesia Negara Berpenghasilan Tinggi

Sebelumnya

Bank Mega Syariah Salurkan Rp170 Miliar untuk Pengadaan Trainset KRL oleh INKA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E