Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SAHABAT Farah yang sedang berburu masuk universitas negeri, sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023.  Ujian dibuka mulai Senin (10/4) hingga 15 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.

Untuk finalisasi pendaftaran akan berlangsung mulai 10 April-16 Mei 2023. Sedangkan pencetakan kartu ujian SSE UM-PTKIN berlangsung pada 29 April 2023. Pelaksanaan uji coba akan dilakukan pada 22-24 Mei, dan ujian SSE UM-PTKIN berlangsung pada 29 Mei – 8 Juni 2023. Terakhir, pengumum hasil UM-PTKIN dilaksanakan pada 23 Juni 2023.

Pada pelaksanaan ujian, tes penalaran akademik (PA) ditujukan mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa untuk merampungkan studi S1. Adapun materi yang akan diujikan adalah sebagai berikut:

  • Penalaran Verbal, yaitu mengecek kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan keterampilan Bahasa. Berdasarkan struktur dan aturan Bahasa, baik dalam kata, kalimat, maupun narasi.
  • Penalaran Gambar, yaitu mengecek kemampuan visualisasi dan memahani objek/simbol secara abstrak, dapat memprediksi kreativitas calon mahasiswa.
  • Penalaran Kuantitatif, mengecek kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka dan simbol numerik dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah.
  • Penalaran Matematika, mengukur kemampuan peserta menalar dan menganalisis isi bacaan sederhana dalam rupa grafik, table, bagan dan lainnya, untuk memecahkan masalah sehari-hari lewat penerapan konsep, prosedur, dan fakta matematika.
  • Literasi Membaca, mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Inggris dalam konteks sosia humaniora dan sains, serta jenis teks Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu global, agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.
  • Literasi Ajaran Islam, mengukur kemampuan memahami, menerapkan, dan menganalisis materi ajaran Islam, meliputi Al-Qur’an, hadis, fikih, dan sejarah kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global, dan modernisasi untuk mewujudkan masyarakat madani, menanamkan kepribadian baik, memperkuat iman, serta mengaplikasikan ajaran-Nya dalam kehidupan.

Sahabat Farah bisa melihat jadwal pelaksanaan ujian masing-masing di kartu peserta ujian. Selengkapnya tentang pendaftaran UM-PTKIN 2023 bisa diakses di https://um.ptkin.ac.id/.




bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

Sebelumnya

Cegah Stunting dengan Program ABCDE dari Kementerian Kesehatan RI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News