Polda Metro Jaya mengungkap penjualan suplemen palsu untuk anak, Rabu (31/5)/Net
Polda Metro Jaya mengungkap penjualan suplemen palsu untuk anak, Rabu (31/5)/Net
KOMENTAR

POLDA Metro Jaya baru saja menangkap pelaku penjual suplemen palsu untuk anak. Suplemen-suplemen tersebut dijual secara bebas di sejumlah e-commerce. Hal ini disampaikan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis, Rabu (31/5).

Menurut Auliansyah, para pelaku memperdagangkan produk suplemen untuk pencernaan anak dengan merk Interlac palsu dan obat lainnya tanpa izin edar BPOM secara online di e-commerce Tokopedia Geraikita99 dan Lazada Dominoshop96.

“Interlac itu adalah salah satu jenis suplemen pencernaan anak. Mereka menjual yang palsu dan itu bisa membuat efek negatif dan berdampak pada kesehatan ginjal dan hati anak. Efek yang paling parah adalah kematian,” ujar Auliansyah.

Sebenarnya, lanjut dia, obat-obatan palsu dan tanpa izin edar ini sudah diperjualbelikan secara bebas pada Maret 2021 hingga Mei 2023. Nilai obat ini ditaksir mencapai Rp130,4 miliar.

Menghindari penggunaan suplemen palsu

Penjualan obat-obatan secara daring atau online mulai tren sejak pandemi 1999 lalu. Masyarakat seolah berburu suplemen untuk menjaga imunitas tubuh. Sayangnya, banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan pribadi.

Agar terhindar dari penggunaan suplemen palsu, terutama untuk anak, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Cek kredibilitas toko daring. Pastikan produk suplemen makanan dibeli dari toko yang memiliki kredibilitas, terpercaya, dan juga tinjauan yang baik.
  2. Periksa kemasan suplemen dengan teliti. Pastikan tersegel dengan baik dan memiliki merk yang resmi diperjualbelikan di Indonesia. Caranya, pastikan Nomor Izin Edar (NIE) BPOM tertera di kemasan itu. Cek juga batch number serta tanggal kadaluarsanya.
  3. Cara memeriksa NIE BPOM cukup mudah, yaitu dengan klik https://cekbpom.pom.go.id atau memindai lewat QR Code yang tertera pada kemasan lewat aplikasi BPOM Mobile.

Sebelum membeli produk, lakukan riset kecil tentang informasi produk yang diinginkan. Ayah Bunda bisa berkunjung ke website resmi produk tersebut. Pastikan pula suplemen itu memiliki bentuk atau warna yang selalu sama.

Intinya, jangan terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual. Periksa terlebih dulu toko daring tersebut lewat komentar-komentar dari pembeli sebelumnya.

Pastikan pula NIE BPOM-nya terdaftar, untuk mencegah mengonsumsi suplemen palsu.




bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

Sebelumnya

Cegah Stunting dengan Program ABCDE dari Kementerian Kesehatan RI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News