Salah satu olahan Sukun, yaitu Sukun Teri Goreng Balado, teman lauk di meja makan/Net
Salah satu olahan Sukun, yaitu Sukun Teri Goreng Balado, teman lauk di meja makan/Net
KOMENTAR

SAHABAT Farah pernahkan makan sukun? Buah yang mirip dengan nangka tersebut tumbuh di daerah tropis. Memiliki nama latin Artocarpus albilis, buah ini memiliki daging buah yang berwarna putih kekuningan. Tekstur buah Sukun yang empuk dan rasa manis, membuatnya dikenal dengan nama Breadfruit atau Buah Roti.

Dikutip dari healthyfyme, Sukun termasuk makanan superfood. Selain mengenyangkan, buah ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Sukun mengandung kalium dan potasium. Kedua mineral ini berfungsi untuk mengatur kontraksi otot di jantung dan melancarkan aliran darah melalui pembuluh arteri.

2. Membantu pencernaan

Sukun mengandung kadar serat yang tinggi, yang membantu meningkatkan gerak peristaltik usus, mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kadar zat besi yang terdapat di dalam Sukun membantu mengatasi anemia, sehingga sel darah merah dapat membawa oksigen dengan baik ke seluruh organ tubuh, termasuk ke otak. Selain itu vitamin C, vitamin E dan asam lemak omega 3 yang merupakan zat antioksidan yang terdapat di dalam buah tersebut dapat melindungi sel dan jaringan otak, sehingga kinerja otak dapat berfungsi dengan baik.

4. Mencegah diabetes

Makanan dengan kadar serat dan protein seperti sukun merupakan panganan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Kedua zat tersebut dapat membantu mengontrol gula darah. Serat melewati sistem pencernaan dengan perlahan, sehingga makanan membutuhkan waktu untuk dicerna, sehingga kadar gula darah tidak langsung meningkat setelah makan.

5. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Kadar asam omega 3 dan omega 6 yang terdapat di dalam Sukun dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan motilitas (pergerakan) sperma. Sedangkan pada wanita dapat membantu menurunkan risiko kanker ovarium.

6. Mengontrol berat badan

Sukun dapat dijadikan salah satu pilihan makanan diet. Kadar serat yang tinggi akan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil yang tidak sehat. Asam amino yang terdapat pada sukun juga membantu menguatkan otot juga menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin C yang terdapat di dalam Sukun dapat meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel kulit, sehingga menjadi lebih elastis. Selain itu vitamin C dapat membantu mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan kerutan, bintik hitam dan tanda-tanda penuaan dini. Dengan demikian, secara tidak langsung mengkonsumsi Sukun dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesegaran kulit.

Meskipun Sukun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun kita harus tetap bijak saat mengkonsumsinya.

Pada beberapa kasus, Sukun dapat menyebabkan alergi seperti urtikaria dan rinitis, serta dapat menurunkan tekanan darah, sehingga berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita tekanan darah rendah.




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health