Dari warnanya pun sudah berbeda, hazelnut berwarna cokelat pekat, sedangkan kemiri berwarna cokelat keputihan/Net
Dari warnanya pun sudah berbeda, hazelnut berwarna cokelat pekat, sedangkan kemiri berwarna cokelat keputihan/Net
KOMENTAR

BERAWAL dari sebuah unggahan di TikTok yang menyebut hazelnut adalah kemiri, pembahasan hal itu pun kemudian menjadi ramai di Twitter. Kata ‘kemiri’ bahkan sempat masuk topik yang sedang tren di media sosial itu.

Lebih dari 4.000 kata ‘kemiri’ diunggah berbarengan dengan kata ‘hazelnut’. Dalam unggahannya, para netizen ada yang berusaha untuk meluruskan tetapi banyak pula yang bermain tebak-tebakan soal mana kemiri dan yang mana hazelnut.

Yuk, kita cari tahu yang sebenarnya di sini!

Merangkum berbagai sumber, secara alamiah dan karakteristik, kacang hazelnut dan kemiri sangat berbeda. Sekilah, bentuk dan warnanya memang tampak sama dan mirip, namun hazelnut memiliki warna cokelat yang gelap dan berbentuk bulat memanjang.

Sedangkan kemiri yang belum dikupas lebih mirip seperti buah pala, dengan bentuk bulat asimetris dan ujung atasnya tumpul.

Hazelnut

Hazelnut adalah kacang yang dipanen dari pohon Hazel. Di balik rasanya yang manis dan gurih, hazelnut kaya akan nutrisi yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Disebut juga filberts atau cobnuts, kacang ini dikatakan berasal lebih dari 5,000 tahun yang lalu di China. Saat ini, hazelnut banyak ditanam di Turki, Italia, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia, kacang hazelnut bisa ditemukan di beberapa supermarket. Kacang tersebut berbentuk bulat dan bisa langsung dikonsumsi sebagai camilan sehat. Atau, bisa pula dicampur dengan berbagai macam hidangan.

Hazel sendiri adalah sekumpulan tumbuhan dalam genus Corylus. Anggotanya berupa pohon gugur dan semak besar yang berasal dari belahan bumi utara yang beriklim sedang.

Kemiri

Bagaimana dengan kemiri? Kemiri memiliki banyak nama, seperti candlenut, Indian nut, kukui nut, dan juga candle berry. Di Indonesia, kemiri merupakan golongan kacang macadamia, keduanya memiliki cangkang keras, berkerut, dan berwarna putih kekuningan, dan teksturnya sedikit keras. Walau begitu, rasa keduanya sangat berbeda.

Hingga saat ini tidak diketahui pasti, dari mana tanaman kemiri berasal. Tapi Murdjiati Gardjito, penulis buku “Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia” menjelaskan, kemiri konon asalnya dari Malaysia.

Di sinilah kemudian letak perbedaan kemiri dan hazelnut. Kemiri biasa digunakan untuk menyedapkan masakan. Beberapa masyarakat memanfaatkan minyak kemiri untuk menghitamkan rambut.

Sementara hazelnut, lebih sering dijadikan sebagai toping makanan maupun minuman. Hazelnut juga biasa digunakan dalam produk susu atau bisa juga dibuat menjadi selai untuk olesan roti.




Hari Santri Nasional 2024: Wakil Ketua DPR Tekankan Character Building dan Pentingnya Santri Modern

Sebelumnya

Bank Mega Syariah Optimalkan Potensi Dana Haji dan Umrah Melalui Kolaborasi Strategis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon