Gerakan Baca Bareng di Jakarta/Net
Gerakan Baca Bareng di Jakarta/Net
KOMENTAR

HILANGNYA minat membaca buku pada anak lebih banyak disebabkan oleh tidak adanya akses untuk melakukan kegiatan membaca buku. Ekosistem yang terbentuk karena perkembangan teknologi, tidak menyisakan rekam jejak pada otak mereka tentang indahnya membaca buku.

Tetapi, pernyataan ini akan terbantahkan lewat hadirnya sebuah komunitas yang dikenal dengan nama Baca Bareng. Komunitas yang memiliki tagline “Menyambut Siapapun yang Ingin Merasakan Nikmatnya Membaca dan Merayakan Keberagaman Bacaan” ini mampu menarik anak-anak muda menjadi anggotanya.

Mengutip laman Instagram resmi mereka @bacabareng.sbc, komunitas ini punya semangat untuk mengampanyekan bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

“Kami tidak membatasi bacaan teman-teman, sebab kami percaya setiap orang punya titik mula ketertarikan membaca yang berbeda-beda. Ada yang gemar karena diawali dengan membaca komik dan ada yang suka membaca karena imajinasinya bisa menyusup ke ruang-ruang kecil tanpa harus berpindah tempat,” tulis admin @bacabareng.sbc.

Di baca bareng, teman-teman sangat menghargai bacaan yang dibawa oleh rekan-rekannya yang lain. Ada yang tertarik dengan novel erotika, ada yang baru saja berkenalan dengan sastra Asia, bahkan ada yang tertarik membaca novel usai menonton adaptasi filmnya.

“Selama membacanya datang bukan karena paksaan, ya sah-sah saja. Karena kami tahun begitu menemukan titik joy of reading, niscaya membaca tidak lagi merupakan kegiatan yang membosankan, bahkan bisa menjadi sarana coping mechanism. So, welcome to the tribe!” lanjut admin.

Bergabung dengan Baca Bareng

Di Baca Bareng tidak ada sistem membership atau keanggotaan. Baca Bareng adalan inisiatif gerakan literasi, bukan komunitas dengan anggota. Jadi, siapa saja bisa ikut sesi membaca senyap dari Baca Bareng tanpa mendaftar terlebih dulu, atau tanpa menjadi anggotanya.

Baca Bareng tidak bersifat dan tidak ingin mengikat para partisipannya. Jadi, tinggal datang saja ke lokasi tanpa harus RSVP atau mendaftar. ‘Basecamp’ mereka ada di Plaza Bunga, Taman Literasi Jakarta.

Dan baru kemarin, Baca Bareng kedatangan Duta Baca DKI Jakarta, yaitu Hestia, seorang bookstagram.

Jadi, buat remaja-remaja yang ingin tahu ada apa sih dengan komunitas Baca Bareng dan seseru apa kegiatan membaca itu, bisa deh langsung datang ke basecamp Baca Bareng.




Workshop Jurnalisme Damai United Tractors Bicarakan Peran Wartawan di Daerah Konflik

Sebelumnya

17 Mahasiswa Indonesia Program PhD Nursing Philippine Women’s University Kunjungi KBRI Manila

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E