Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf
KOMENTAR

SATU lagi langkah kreatif yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) untuk menggaet lebih banyak wisatawan mancanegara, yaitu dengan menggelar Familiarization Trip (FAM Trip) bagi influencer asal India.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataannya di Jakarta, Sabtu (24/6/2023) menjelaskan India menjadi salah satu penyumbang wisman ke Indonesia dan selama ini wisatawan asal India menyukai Bali sebagai destinasi pernikahan mereka.

Umumnya para pelaku industri Wedding Organizer di India menilai Bali sangat cocok untuk wisman India karena memiliki kecenderungan seni dan budaya yang mirip.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf dengan maskapai Singapore Airlines dan Garuda Indonesia yang akan fokus mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP). Dengan berbagai langkah strategis yang dijalankan bersama para mitra untuk mempromosikan Indonesia, diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan membuka peluang usaha seluas-luasnya," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Upaya ini juga sebagai tindak lanjut keikutsertaan Indonesia pada pameran pariwisata internasional South Asia’s Travel & Tourism Exchange (SATTE) 2023 di New Delhi pada Februari 2023.

Ketika itu Kemenparekraf/Baparekraf membawa serta pelaku industri dari Labuan Bajo yang menawarkan paket-paket wisata kepada publik di Indonesia. Dan pada FAM Trip kolaborasi ini juga akan diperkenalkan Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia kepada para influencer India yang turut serta.

FAM Trip dilaksanakan pada 24 hingga 29 Juni 2023 di Labuan Bajo. Peserta yang berpartisipasi terdiri dari 3 travel influencer dari India yaitu Anupriya (IG @anupriyakapur), Rashmi Chadha (IG @rashmichadha), dan Mahi Sharma (IG @maahieway).

Menurut dia, Bali sudah menjadi top of mind bagi wisatawan India jika berwisata ke Indonesia. Oleh karena itu, Kemenparekraf ingin memperkenalkan destinasi lain yang tak kalah menarik kepada mereka, yaitu Labuan Bajo yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“Melalui FAM Trip ini, kami ingin menyampaikan pesan agar wisatawan mancanegara khususnya dari India dapat menambahkan destinasi Labuan Bajo dalam perjalanan wisata mereka ke Indonesia. Sangat mudah menuju ke sana, bisa melalui Jakarta langsung menuju ke Labuan Bajo dengan menempuh dua jam penerbangan, bahkan tidak sampai satu jam menggunakan pesawat dari Bali,” ujar Made.

Adapun segmentasi dari wisatawan India yang banyak ke Indonesia meliputi pasangan, keluarga, milenial, dan gen Z yang dirasa cocok dengan destinasi Labuan Bajo dengan pilihan tempat eksotik, aktivitas yang beragam, dan berbagai jenis akomodasi dari mulai homestay sampai dengan resort mewah.

FAM Trip kali ini didukung oleh berbagai pihak yaitu Plataran Komodo Resort & Spa, Sea Safari Cruise, Meruorah Labuan Bajo, Grand Komodo Tours, dan Anara Airport Hotel Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Seakan menjadi pintu gerbang untuk menuju petualangan menjelajahi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo. Peserta influencer akan membagikan pengalaman dan keseruan mereka selama trip di Labuan Bajo kepada follower mereka di India dengan diunggah ke media sosial dan diharapkan dapat menginspirasi calon wisatawan dari India agar berwisata di Indonesia, khususnya Labuan Bajo.




Kementerian Agama Luncurkan Program “Baper Bahagia” untuk Dukung Ketahanan Pangan Masyarakat Desa

Sebelumnya

Fitur Akses Cepat Kontak Darurat KDRT Hadir di SATUSEHAT Mobile

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News