KOMENTAR

SATU hal yang perlu diingat, tidak ada kesempurnaan dalam teknik mengasuh si buah hati.

Orang tua baru perlu memahami bahwa tidak setiap hari akan ada tantangan tersendiri yang membutuhkan kreativitas dan kesabaran dalam menemukan solusinya.

Nah, bagi para orang tua baru, ada tiga hal yang harus diperhatikan agar perjalanan awal menjadi orang tua tidak menyiksa diri sendiri dan bisa dinikmati dengan penuh suka cita.

Pertama, mengatur rutinitas tidur si kecil untuk siang dan malam hari. Dengan jadwal yang teratur, bayi akan tidur dan makan dengan lebih baik. Bayi yang tidur dengan lelap memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih baik.

Semakin dia bertambah besar, orang tua akan lebih mudah memprediksi waktu tidur siang dan menyusuinya untuk disesuaikan dengan kebutuhan lain seperti bepergian.

Kedua, selalu siap dalam kondisi apa pun. Rumah yang berantakan adalah hal yang lumrah hingga si kecil berusia balita. Namun demikian, seiring bertambah usianya, orang tua sudah bisa mengajarkan anak untuk membereskan barang-barang yang sudah selesai digunakan.

Yang pasti, meskipun rumah dalam keadaan berantakan, kita harus memastikan kita memiliki tas berisi perlengkapan bayi lengkap mulai dari popok, krim pencegah ruam, tisu basah, dan pakaian ganti untuk dibawa bepergan. Jika ada hal mendadak atau darurat, kita tak perlu tergopoh-gopoh menyiapkannya.

Ketiga, berkolaborasi dengan baik. Ayah dan ibu harus mampu berkolaborasi dengan baik dalam mengasuh si kecil. Jika memang ibu sudah merasa sangat lelah, ambillah time out. Ayah bisa mengambil waktu menemani si kecil sementara ibu bisa melepas penat sejenak. Ingat, parenting adalah tentang pengasuhan yang baik dan kompak dari kedua orang tua, bukan hanya tentang ibu.




Benarkah Gen Z Kurang Siap Menghadapi Tantangan Masa Depan? Ini Kata Erick Thohir

Sebelumnya

Cegah Fatherless Family, Ini Peran Krusial Ayah bagi Perkembangan Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting