Ilustrasi rawon/Net
Ilustrasi rawon/Net
KOMENTAR

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) beberapa hari lalu mengumumkan bahwa makanan asli Indonesia, Rawon, berhasil dinobatkan sebagai sup paling enak di dunia. Menariknya, Rawon mengalahkan Ramen asal Jepang yang justru tengah digandrungi para remaja.

Penetapan makanan khas Jawa Timur ini sebagai sup terenak di dunia dilakukan oleh TasteAtlas, saat merulis daftar terbarunya pada 28 Juli 2023. Terpampang jelas, rawon mengalahkan mi khas Jepang dengan bintang sebanyak 4,8. Sedangkan ramen berada di posisi ke delapan.

Sangat masuk akan ketika TasteAtlas menjadikan rawon sebagai sup terenak di dunia. Sajian daging sapi ini rasanya gurih, karena kuahnya dibuat dari berbagai macam rempah, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

Ulasan dari TasteAtlas ini penting untuk mempromosikan makanan lokal yang lezat, serta menanamkan kebanggaan akan masakan tradisional negara sendiri.

“Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia,” bunyi ulasan TasteAtlas.

Masyarakat Indonesia memang sangat pandai dalam mengolah kluwek mentah yang beracun menjadi makanan terenak. Ya, kluwek mentah beracun kemudian difermentasi dan digiling dengan rempah-rempah l ainnya. Perpaduan itulah yang memberikan hidangan rasa yang gurih dan asam.

Ada lagi yang menjadi ciri khas rawon, yaitu penggunaan daging sapi (khusus rawon), yaitu bagian buntutnya. Daging yang ada di rawon tidak pernah diganti dengan daging ayam atau ragam sari laut lainnya. Kekhasannya juga terletak pada nasi dan tambahan sambal rawon.

Di posisi kedua, dengan bintang 4,7 adalah Tonkotsu Ramen dari Fukuoka, Jepang. Jenis ramen ini cukup unik, terdiri dari kaldu babi berlemak yang sangat kaya, mie segar, telur, dan perut babi yang empuk dan lumer ketika di mulut.

Ramen yang sangat popular ini biasanya diberi taburan daun bawang, rebung, kacang, rumput laut nori, dan jagung manis. Kaldu di ramen ini terbuat dengan cara memasak tulang babi dalam waktu yang cukup lama, hingga kolagen dan lemaknya larut untuk menghasilkan tekstur hidangan yang unik dan lembut.




Torres del Paine, Salah Satu Taman Nasional Paling Spektakuler di Dunia

Sebelumnya

Mi Aceh yang Kaya Rempah, Siapa Suka?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon