Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi booth salah satu peserta Citra SEMASA Piknik 2024 dan peraih Piala Citrapreneur/Citra
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi booth salah satu peserta Citra SEMASA Piknik 2024 dan peraih Piala Citrapreneur/Citra
KOMENTAR

APRESIASI terhadap kegigihan perempuan terus bergulir. Citra membuktikan komitmennya terhadap kemajuan perempuan Indonesiamelalui program “Tangan-Tangan Cantik Citra” yang mengapresiasi dan mendukung perempuan yang berkarya di bidang kreatif.

Program ini menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RO (Kemenparekraf RI) dan SEMASA untuk membantu pengembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif. Sekaligus memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik.

Acara yang berlangsung pada 31 Mei hingga 2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta ini merupakan bukti bahwa Citra memahami kecantikan perempuan Indonesia yang salah satunya terpancar dari tangan-tangan kreatif dalam menggerakkan industri dan ekonomi kreatif. Hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi ini diroyeksi akan mencapai 135 miliar dolar Amerika pada 2025.

Para perempuan pelaku UMKM yang menerima Piala Citraprenuer di event Citra SEMASA Piknik 2024/Citra

Tapi, tentu saja ada tantangan yang dihadapi, salah satunya keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM Perempuan. Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Saya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena kita tidak bisa lagi berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045. Lalu Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha. Dan, Gaspol dengan menggas semua potensi yang dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Terkait kolaborasi tersebut, Citra menggandeng SEMASA, yaitu salah satu event Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) yang sangat spesial.  Tahun ini, tenant yang bergabung sangat banyak dan menunjukkan bahwa event ini sangat strategis.

Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan sambutan/Citra

“Saya sangat mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara “SEMASA Pikinik” dan Citra sebagai kaloborator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sandi.

Women Support Women

Citra adalah sebuah brand kecantikan yang sudah lahir sejak 35 tahun lalu. Citra memiliki purpose sangat jelas, yaitu ‘Women Support Women’, senantiasa mendukung perempuan Indonesia tampil percaya diri dengan merawat kulit agar dapat terus ber-progress lewat karya-karya yang terlahir dari kulit cantik dan terawatt.

Purpose ini diwujudkan dengan senantiasa mendengar kebutuhan perempuan Indonesia dan melakukan sejumlah inovasi produk yang secara khusus diformulasikan untuk karakteristik kulit perempuan Indonesia. Citra menggunakan 100% bahan-bahan alami dengan 10 kali kekuatan mencerahkan dan melembabkan, yang dapat menjawab beragam kebutuhan perawatan kulit perempuan Indonesia.

Sesi talkshow bersama para penerima penghargaan Piala Citrapreneur/Citra

“Salah satu inovasi yang telah kami luncurkan akhir pekan lalu adalah Citra Body Serum. Inovasi ini konsisten dilakukan untuk mendampingi perempuan menjadi lebih berdaya. Melanjutkan purpose-nya melalui program “Tangan-Tangan Cantik Citra”, kali ini kami berupaya memberi dampak nyata pada kemajuan UMKM Perempuan,” ucap Putri Paramita, Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia.

Piala Citrapreneur

Salah satu bentuk apresiasi dan dorongan adalah diselenggarakannya ajang Piala Citraprenur. Event ini sudah dimulai sejak Maret 2024 dan diikuti oleh lebih dari 400 peserta. Setelah melalui proses penjurian, terpilihkan 20 UMKM Perempuan yang memiliki kesempatan untuk bertumbuh melalui peningkatan kompetensi serta dana dan media usaha senilai total lebih dari Rp650 juta.

Puncak penghargaan Piala Citrapreneur diadakan di Citra SEMASA Piknik 2024, di mana 20 pemenang berkesempatan memamerkan dan memasarkan produk andalan mereka. Yang tidak kalah Istimewa, sejalan dengan value Citra sebagai produk yang natural dan ramah lingkungan, terdapat kategori spesifik yaitu Ecopreneur, sebuah apresiasi kepada pelaku UMKM Perempuan yang mengedepankan bahan natural atau menjalankan bisnisnya dengan prinsip sustainability.

“Potensi dari UMKM Perempuan di bidang kreatif masih sangat besar. Dengan segala keunikannya, perempuan terbukti mampu bekerja secara mandiri, sensitif terhadap pasar, berani berinovasi, dan luwes dalam hal beradaptasi ataupun membentuk network dengan berbagai pihak. Hal ini menjadi modal penting dan kami percaya Piala Citrapreneur dapat menjadi katalisator untuk mempertajam kemampuan mereka sambil menginspirasi pada pelaku UMKM Perempuan lainnya,” ucap Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI Erwita Dianti.

Hal yang sama disampaikan Co-Founder SEMASA Gunawan Lo, bahwa penting untuk mendukung mereka agar terus berkarya, mandiri, dan berdaya. Karenanya, ia sangat mengapresiasi Citra yang memiliki semangat yang sama untuk berkontribusi memajukan UMKM Perempuan melalui penghargaan Piala Citrapreneur.

“Semoga kolaborasi ini terus terjalin dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan UMKM Perempuan,” kata Gunawan.

Inovasi Produk Citra

Dalam “Citra SEMASA Piknik 2024” ini, Citra memperkenalkan rangkaian produk Citra Body Lotion limited edition, hasil kolaborasi bersama tiga ilustrator perempuan kenamaan, yaitu Yessiow (varian Bengkoang Natural Glow UV), Dinda Puspitasari (varian Sakura Glow UV), dan Erin Dwia (varian Pearly Glow UV).

Yessiow adalah seniman mural dan ilustrator muda yang sudah berkarya lebih dari 17 tahun. Dalam perjalanan karyanya, ia mengaku ada banyak tantangan yang ditemui, namun peluang untuk berkembang tidak kalah besar. Dengan kerja keras dan kemauan untuk maju, Yessiow semakin dikenal dan diapresiasi.

“Belakangan ini aku sering menjadikan sosok perempuan sebagai inspirasi, karena ingin memperlihatkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk berkreasi dan patut diberikan kesempatan. Makna ini juga yang tersirat di hasil karyaku bersama Citra. Aku ingin memotivasi perempuan untuk selalu merawat kecantikan kulit mereka, terlepas dari apapun warna kulitnya, sehingga mereka dapat tampil lebih berani dan melahirkan sebuah karya,” ujar Yessiow.




Y.O.U Berkolaborasi dengan Love Pink dalam Kampanye #CaringGlow, Bukti Nyata Kepedulian terhadap Perempuan Indonesia

Sebelumnya

Tak Hanya Sekadar Hunian, Summer Home by ID12 Persembahkan ‘Rumah Berlibur’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E