Ilustrasi orang memotong daging/Freepik
Ilustrasi orang memotong daging/Freepik
KOMENTAR

IDENTIK dengan hidangan yang lezat, perayaan hari raya Idul Adha menjadi salah satu momen yang menyatukan umat Islam lewat kuliner. Banyak orang  berkumpul dengan keluarga besar untuk merayakan hari raya Idul Adha dan menikmati sajian khasnya.

Berbagai olahan makanan berbahan daging sapi ataupun kambing, mulai dari sate, gulai hingga rendang menjadi pilihan favorit yang selalu dinantikan setiap tahun, Idul adha juga menjadi waktu istimewa untuk berbagi kebahagiaan sesama.

Ada beberapa tantangan saat mengonsumsi makanan olahan daging dalam jumlah berlebihan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang, sehingga hal ini dapat meningkatkan risiko kesehatan.

Berikut adalah tips sehat untuk menikmati hidangan idul adha mencegah kolesterol.

Pilihlah Potongan Daging Yang Memiliki Kandungan Lemak Lebih Rendah

Pastikan kamu memilih potongan daging yang tepat untuk menghindari kolesterol tinggi. Hindari bagian daging yang tinggi lemak seperti iga atau buntut pada sapi, sementara pada kambing, hindari bagian paha bawah.

Pilihlah bagian daging yang berada di dekat panggul sapi (sirloin) atau paha atas pada sapi, dan pada kambing pilih bagian punggung (loin), atau daging paha kambing  (leg) yang memiliki sedikit lemak.

Mengelola Daging Dengan Cara Sehat

Mengelola daging dengan cara yang baik juga mempengaruhi kadar kolesterol. Pastikan untuk memasak dengan cara yang sehat seperti merebus, mengukus atau dipanggang  daripada menggoreng menggunakan banyak minyak di mana proses masak ini  membuat lemak bertambah.

Komposisi Sayuran Sebagai Pendamping

Cobalah untuk tambahan sayuran segar sebagai pendamping daging, dengan menambah sayuran membantu menyeimbangkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Brokoli, bayam, dan wortel sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Batasi porsi makan

Tetap kontrol porsi makan pada saat menyantap olahan daging kurban. Makan dalam posisi kecil dan ambil daging secukupnya ini membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol.

Aktif Bergerak

Pastikan setelah kamu banyak mengonsumsi hidangan daging usahakan untuk tubuh tetap bergerak. Contohnya jalan kaki atau berolahraga ringan membantu membakar kalori dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Perbanyak Minum Air

Dengan memperbanyak minum air putih kamu dapat membantu proses pencernaan dan membuang  lemak jahat dalam tubuh.

Penting untuk memantau kadar kolesterol, terutama jika kamu memiliki riwayat kolesterol tinggi. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat terkait konsumsi daging kurban.




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health