Joging di pagi hari/Freepik
Joging di pagi hari/Freepik
KOMENTAR

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah dalam tubuh berada di atas normal atau tidak normal. Jika tekanan darah berada di atas normal, kondisi ini disebut tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar risiko terkena masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

Tidak selalu harus mengandalkan obat-obatan untuk mengelola tekanan darah. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti berolahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada arteri, yang sangat dianjurkan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Meski begitu, sebagian dari kita mungkin sering menyepelekan efek positif yang dapat diberikan dari aktivitas ini. Padahal, berjalan kaki secara rutin memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah riset berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah.

2. Joging atau Lari

Dengan melakukan aktivitas joging ataupun lari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan membantu menurunkan tekanan darah. Kegiatan inimembantu memperkuatjantung dan melancarkan aliran darah. Cobalah untuk lakukan joging atau lari dengan durasi bertahap, mulailah joging ringan selama 15 sampai 20 menit.

 

3. Bersepeda

Melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda membantu jantung untuk bekerja lebih efektif dalam memompa darah yang secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah. Tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah bersepeda juga mampu mencegah beberapa penyakit muncul seperti menjaga berat badan (obesitas), kolesterol, dan diabetes. Bersepeda bisa dilakukan di luar ataupun di dalam ruangan menggunakan sepeda statis. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu selama 30 menit.

4. Berenang

Berenang adalah olahraga yang baik untuk seluruh tubuh. Jika kamu mempunyai waktu luang untuk olahraga satu ini, cobalah untuk berenang secara rutin menurut penelitian setidaknya 3-4 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan terutama pada usia lanjut. Selain membantu menurunkan tekanan darah, berenang juga dapat meningkatkan kekuatan otot, kebugaran , dan fleksibilitas tubuh

5. Yoga

Saat melakukan yoga kamu dapat membantu mengurangi stres, di mana pada saat stres yoga dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meredakan ketegangan sehingga salah satu penyebab darah tinggi. Beberapa gerakan latihan pernafasan yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menenangkan sistem saraf selama 20-30 menit setiap hari.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health