Penting menjaga stabilnya jumlah hemoglobin/Unsplash
Penting menjaga stabilnya jumlah hemoglobin/Unsplash
KOMENTAR

HEMOGLOBIN merupakan protein dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dapat dikeluarkan.

Mempertahankan kadar hemoglobin yang optimal sangat penting untuk meningkatkan fungsi tubuh, karena oksigen sangat diperlukan untuk respirasi sel, proses di mana sel-sel tubuh menghasilkan energi.

Zat besi dalam hemoglobin berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh serta membantu penyerapan oksigen dari udara yang kita hirup. Kadar hemoglobin yang rendah dapat  menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan termasuk anemia, kelelahan, pusing, dan ke sulit bernafas.

Di himpun dari beberapa sumber ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin

  • Tingkatkan Konsumsi Makanan Kaya akan Zat Besi

Komponen utama dalam memproduksi hemoglobin adalah zat besi, mengonsumsi zat besi membantu meningkatkan pembentukan sel darah baru. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk membantu menambah sel darah merah kamu dapat perbanyak konsumsi zat besi dari daging merah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

  • Tingkatkan Asupan Vitamin C

Vitamin c membantu menyerap kan zat besi dalam tubuh. Saat zat besi terserap dengan baik, produksi hemoglobin juga akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan kaya zat secara rutin. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c di antaranya jeruk, kiwi, stroberi, dan juga pepaya.

  • Tingkatkan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin B12

Darah rendah juga dapat dipengaruhi karena kurang nya asupan vitamin b12 juga penting untuk memproduksi hemoglobin. Untuk menjaga kadar hemoglobin tetap normal, konsumsilah secara rutin makanan yang kaya akan vitamin b12, seperti ikan, produk berbahan susu ( keju dan yogurt ), ataupun telur.

  • Jaga Keseimbangan Cairan

Kurang nya minum air putih dapat mempengaruhi kadar hemoglobin. Air putih penting untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat dan mempertahankan kadar darah yang cukup. Pastikan untuk minum air putih yang cukup setiap hari mendukung fungsi tubuh secara optimal.

  • Rutin Berolahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan produksi sel darah dan hemoglobin. Aktivitas fisik seperti joging, bersepeda dan berlari dapat meningkatkan kadar hemoglobin.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health