Ilustrasi orang sedang flu/Freepik
Ilustrasi orang sedang flu/Freepik
KOMENTAR

HIDUNG tersumbat bisa menjadi indikasi awal bahwa seseorang sedang mengalami flu. Tentu saja hal ini membuat tidak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Kondisi ini membuat tidur tidak nyenyak dan mengurangi produktivitas ini karena hidung mengalami kesulitan bernafas.

Terjadinya hidung tersumbat karena adanya iritasi pada jaringan yang melapisi bagian dalam dinding hidung. Sehingga iritasi mengakibatkan peradangan dan pembengkakan, serta meningkatkan produksi lendir. Akibatnya, kesulitan bernafas melalui hidung terjadi karena adanya penyumbatan yang menghambat aliran udara.

Ada beberapa penyebab hidung tersumbat yang perlu diketahui. Mulai dari infeksi virus seperti flu dan pilek, alergi terhadap debu, hingga paparan terhadap polusi udara. Penyebab lainnya termasuk sinusitis, polip hidung, dan deviasi septum.

Setiap penyebab ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada jaringan hidung, yang kemudian meningkatkan produksi lendir dan menyebabkan hidung tersumbat.

Apabila tidak segera diatasi kondisi ini akan semakin memburuk, ada beberapa cara efektif untuk mengatasi hidung tersumbat:

  • Menghirup Uap

Cara alami ini cukup efektif untuk meredakan hidung tersumbat. Kamu dapat melakukannya dengan cara mengisi wadah berisi air hangat, tutupi kepala dengan kain atau handuk dan menghirup uap air hangat. Kamu dapat menambahkan tetesan minyak esensial ke dalam air yang membantu mengatasi hidung tersumbat.

  • Mandi Menggunakan Air Hangat

Cobalah mandi menggunakan air hangat, hal ini dapat menjadi solusi sementara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat karena mandi menggunakan air hangat membantu mengurangi peradangan pada situs. Walaupun solusi ini belum bisa menjamin akan menghilangkan hidung tersumbat, namun mandi menggunakan air hangat membantu kamu agar merasa lebih nyaman untuk sementara waktu.

  • Cari Posisi Tidur Yang Tepat

Posisi berbaring dapat mempengaruhi masalah hidung tersumbat yang biasanya terjadi pada malam hari. Pastikan posisi kepala saat tidur sedikit lebih tinggi dari tubuh posisi ini dapat mengurangi hidung kamu yang mampat. Kamu juga bisa tambahkan bantal agar kepala tetap terangkat.

  • Perbanyak Minum Cairan

Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting saat tubuh terkena masalah kesehatan seperti hidung tersumbat. Perbanyak minum air putih, teh hangat atau ramuan herbal lain yang dapat membantu saluran hidung mengeluarkan lendir.

  • Gunakan Saline Spray

Saline spray atau semprotkan air garam khusus untuk hidung yang dapat membantu melembapkan saluran dalam hidung dan menghilangkan cairan penyebab hidung jadi tersumbat. Gunakan cairan ini sesuai dengan takaran yang disarankan dokter agar tidak terkena infeksi.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health