Buah srikaya/Unsplash
Buah srikaya/Unsplash
KOMENTAR

BUAH tropis yang sering disebut juga sebagai custard apple ini memiliki bentuk bulat berkulit hijau dengan daging buah yang memiliki rasa manis serta lezat. Tak heran bila srikaya digemari banyak orang.

Belum banyak orang tahu bahwa srikaya kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa manfaat tersembunyi dari buah srikaya yang perlu kamu ketahui:

  • Menyehatkan Pencernaan

Kaya akan seratnya yang tinggi buah srikaya sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat pada srikaya membantu memperlancar sistem pencernaan, mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh  

Kandungan vitamin C pada buah srikaya berperan sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antioksidan yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga tubuh mampu melawan infeksi atau penyakit pada tubuh.

  • Menjaga kesehatan Mata

Vitamin A pada buah srikaya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A juga membantu mencegah gangguan pengelihatan dan penyakit mata seperti degenerasi makula.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Buah srikaya kaya akan kalsium yang membantu mengatur tekanan darah. Kalsium menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh sehingga hal ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan magnesium dalam buah srikaya juga menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E dalam buah srikaya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi buah srikaya dapat membantu memperlambat penuaan seperti keriput dan garis halus pada wajah.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan rambut. Saat mengalami rambut rontok, vitamin c pada buah srikaya membantu dalam produksi kolagen, yang merupakan protein penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

  • Menyehatkan Kehamilan

Rasa mual, pusing dan lemas saat kehamilan sering dialami oleh ibu hamil dimasa trimester pertama kehamilan. Manfaat buah srikaya dengan kandungan vitamin B6 di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengatasi mual dan pusing pada ibu hamil, terutama pada masa awal kehamilan.

Dengan mengonsumsi buah srikaya dengan wajar dan seimbang, kamu dapat merasakan manfaat kesehatannya.

 




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health