Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MEMBERIKAN waktu tidur yang cukup menjadi salah satu faktor yang dapat menunjang pertumbuhan bayi lebih optimal. Namun, dari upaya Bunda memberikan waktu yang optimal, sering dalam tidurnya yang lelap si Kecil mengalami tersedak.

Pengalaman si Kecil ini bahkan bisa membuat panik, manakala dalam tidurnya, Si Kecil bahkan mengalami kesulitan bernafas. Lantas, apa tindakan yang harus diambil, Bunda?

Kondisi tersedak di saat si Kecil tertidur pulas ini disebut dengan Sleep Disordered Breathing (SDB) atau yang dikenal juga dengan gangguan pernafasan saat tidur.

Pada umumnya bayi dengan usia kurang dari enam bulan akan memiliki kecendrungan alami tersedak. Namun seiring bertambahnya usia si Kecil, kondisi ini akan berangsur membaik setelah usianya lebih dari enam bulan. Hal ini terjadi karena si Kecil sudah memiliki reflek menelan yang semakin baik.

Dibeberapa kondisi, bayi yang tersedak saat tidur kerap berhubungan dengan kondisinya saat menyusu. Bayi yang tersedak saat tidur dapat disebabkan karena ia belum disendawakan setelah menyusu.

Selain itu, hal lain seperti posisi saat menyusu yang kurang baik, dan dipaksa minum susu saat tidur juga dapat membuatnya tersedak saat tidur. Air liurnya sendiri juga bisa menjadi penyebab si Kecil tersedak. 

Bayi yang tersedak saat tidur juga dapat menjadi tanda bahwa bayi mengalami kondisi kelainan sejak lahir. Biasanya kondisi ini disertai dengan kebiasaan si Kecil yang mendengkur saat tidur.

Selain mendengkur, kelainan ini juga dikenali dengan kebiasaan bayi yang kerap melengkungkan lehernya. Si Kecil juga sering membuka mulutnya saat tidur untuk menghirup udara. Hal inilah yang menjadi penyebab bayi mendengkur saat tidur. 

Tak hanya itu, bayi juga dapat tersedak saat tertidur karena disebabkan oleh refluks. Refluks sendiri terjadi saat sfingter esofagus, yakni otot dengan bentuk seperti cincin yang terletak diantara kerongkongan dan lambung tidak cukup kuat untuk menahan isi lambung.

Akibatnya, isi lambung yang tidak tertahan tadi kembali hingga ke tenggorokan yang kemudian sebabkan si Kecil alami tersedak saat sedang tertidur.

Langkah Pertama untuk Menolong Bayi yang Tersedak saat Tidur

Jika Bunda menjumpai si Kecil yang tersedak saat tidur, lakukan beberapa langkah pertolongan awal ini sesegera mungkin:

1. Gendong dan bangunkan si Kecil.
Biarkan bayi mengeluarkan hal yang membuatnya tersedak.
Jika si Kecil masih tetap tersedak, posisikan bayi dengan posisi tengkurap dalam pangkuan mama.
Posisikan kepalanya lebih rendah dibandingkan punggung dan bagian bawah badannya.

2. Tepuk-tepuk punggung bagian tengah si Kecil secara perlahan sebanyak lima kali.
Namun, saat si Kecil masih tersedak atau bahkan muntah setelah Bunda melakukan pertolongan di atas, maka segeralah membawanya ke dokter agar mendapat pertolongan. Karena kondisi ini akan berbahaya jika dibiarkan lebih lama! [F]




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health