Ilustrasi aneka minuman jus buah dan sayur/Unsplash
Ilustrasi aneka minuman jus buah dan sayur/Unsplash
KOMENTAR

SAAT menyantap daging dalam jumlah cukup banyak, sering kali perut terasa berat. Kondisi ini juga hal ini dapat berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Beberapa orang bahkan mengalami pusing dan mual.

Selama perayaan Idul Adha misalnya, banyak orang mengonsumsi daging kurban. Diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti rendang, sate, gulai hingga tongseng, banyak orang seringkali tidak bisa menolaknya.

Kaya akan protein, daging memang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Namun konsumsi daging yang berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan lemak dan kolesterol yang tidak sehat.

Berikut ini beberapa minuman alami yang bisa menetrali

  • Air Putih

Minuman terbaik yang paling sederhana dan dapat di konsumsi setiap harinya adalah air putih. Air Putih membantu tubuh melancarkan saluran pencernaan, menghindari sel-sel tubuh, menjaga keseimbangan cairan, dan membuang racun di dalam tubuh terutama setelah mengonsumsi banyak daging.

  • Perasaan Air Lemon

Campuran air perasan lemon membantu mendetoksifikasi tubuh, memperbaiki pencernaan, dan menetralisir kadar lemak dari olahan daging. Lemon mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang membantu membersihkan zat berbahaya dari tubuh. Selain itu, air lemon juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Air Buah Kelapa

Air kelapa mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya sangat baik dikonsumsi setelah makan makanan berat, misalnya daging. Kandungan elektrolit pada air kelapa sangat bagus untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh . Selain itu, air kelapa juga membantu menghidrasi tubuh secara optimal dan mendukung proses pencernaan.

  • Jus sayuran

Daging yang dikonsumsi dapat menghasilkan lemak jahat, oleh karena itu diperlukan serat dari jus sayuran untuk menyerap lemak melalui sistem pencernaan. Serat pada sayuran baik untuk mencegah lonjakan kolesterol setelah mengonsumsi daging.

  • Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau setelah makan daging dapat membantu meningkatkan produksi pencernaan yang dapat mengurangi lemak serta mengurangi rasa tidak nyaman di perut. Sifat antioksidan dan anti inflamasi membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak perut.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health