Gonta-ganti warna rambut, amankah?/Unsplash
Gonta-ganti warna rambut, amankah?/Unsplash
KOMENTAR

MEWARNAI rambut menjadi cara yang populer untuk mengubah penampilan dan memberikan tampilan segar. Tak hanya itu, pewarnaan rambut juga menjadi salah satu cara untuk menutupi uban.

Proses pewarnaan rambut memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri agar terlihat lebih muda dengan berbagai pilihan warna dan gaya sehingga meningkatkan rasa percaya diri.

Namun, meskipun menawarkan berbagai manfaat, mewarnai rambut dapat menyebabkan efek samping tertentu. Zat-zat berbahaya dalam pewarna rambut dapat berpotensi mempengaruhi kesehatan. Oleh sebab itu, sebelum mewarnai rambut penting untuk kamu mengetahui risiko-risikonya terlebih dahulu.

Dilansir dari beberapa sumber, ada risiko efek samping yang dapat timbul jika seseorang terlalu sering mengganti warna rambut.

1. Kerusakan Rambut

Pewarna yang diaplikasikan pada rambut dapat menyebabkan kerusakan karena bahan kimia yang digunakan untuk mengubah warna asli rambut dengan warna lain. Akibatnya, struktur rambut dapat mengalami perubahan yang mengakibatkan kerusakan pada batang rambut yang membuatnya menjadi lebih kering, patah, dan cenderung rontok.

2. Timbul Alergi

Kandungan bahan kimia PPD (para-phenylenediamine) yang terdapat di pewarna rambut menjadi penyebab alergi. Gejala alergi ini meliputi sensasi gatal serta munculnya ruam kemerahan pada kulit kepala ataupun wajah.

3. Iritasi Kulit Kepala

Selain menimbulkan alergi pewarna dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dengan gejala seperti kulit kepala kering, rasa terbakar serta perih. Pada beberapa kasus yang terjadi, reaksi alergi serius seperti anafilaksis dapat timbul gejalanya termasuk kemerahan, pusing, dan pembengkakan di area mata, bibir, tangan maupun kaki.

4. Menyebabkan Kerusakan Saraf

Timbal asetat yang terdapat dalam produk pewarna rambut memiliki potensi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan otak. Dalam pemakaian jangka panjang paparan timbal asetat mengakibatkan kerusakan permanen pada sistem saraf.

5. Masalah pada Mata

Penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering dapat menyebabkan gangguan pada mata karena paparan berulang terhadap bahan kimia dalam pewarna rambut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi atau masalah kesehatan pada mata karena efek negatif dari zat kimia yang terkandung di dalamnya.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health