Ilustrasi kamar mandi/Freepik
Ilustrasi kamar mandi/Freepik
KOMENTAR

MANDI adalah kegiatan yang penting untuk menjaga kebersihan tubuh saat kita beraktivitas di luar maupun dalam ruangan seharian. Selain membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran, mandi juga dapat memberikan efek relaksasi yang membantu kita merasa lebih nyaman.

Bagi banyak orang, mandi di pagi hari mungkin sudah menjadi kebiasaan umum untuk memulai hari dengan segar dan penuh energi.

Tapi tahukah kamu, mandi malam hari memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur hingga mengurangi stres. Hingga saat ini, masih sedikit penelitian yang secara langsung membuktikan efek samping mandi malam terhadap tubuh.

Dikutip dari BetterUp, ada beberapa manfaat mandi air hangat di malam hari.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi air hangat pada malam hari dapat membantu tubuh untuk tetap rileks setelah lelah seharian beraktivitas. Hal ini dapat membantu kamu agar lebih mudah tidur dengan nyenyak.

Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kamu mandi di malam hari, ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kulit tetap lembap. Selain itu, mandi malam juga bisa menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel sepanjang hari, sehingga kulit tetap bersih dan terhindar dari masalah seperti jerawat atau iritasi.

Redakan Otot Menegang

Saat tubuh kamu merasa kelelahan karena kegiatan yang berat, mandi malam hari dapat membantu otot-otot tetap rileks. Air hangat yang digunakan saat mandi bisa meredakan ketegangan otot, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat pemulihan setelah aktivitas fisik yang intens.

Mengurangi Gejala Migrain

Mandi air hangat memberikan sensasi hangat bagi tubuh sehingga aliran darah tetap lancar yang membantu mengurangi rasa sakit karena migrain.

Membantu Mengurangi Stres

Stres dapat berkurang dengan mandi malam. Stres akibat kelelahan dapat mengganggu waktu tidur sehingga aktivitas dapat terganggu. Produksi senyawa endorfin dan noradrenalin membantu tubuh agar tetap rileks yang secara efektif mengurangi tingkat stres.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health