Ilustrasi perempuan sedang memilih makanan/Unsplash
Ilustrasi perempuan sedang memilih makanan/Unsplash
KOMENTAR

DALAM usaha menurunkan berat badan atau menjaga pola makan yang sehat, banyak orang cenderung memilih melakukan diet tertentu. Banyak cara diet yang dapat dilakukan seperti diet keto, diet atkins, dan beberapa macam diet populer lainnya digunakan untuk tujuan beragam.

Namun, terkadang kita tidak menyadari tanda-tanda bahwa diet yang kita jalani  sebenarnya benar atau tidak sehingga diet yang salah justru tidak membawakan hasil dan manfaat bagi tubuh sehat dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini lima tanda yang dialami tubuh bahwa diet yang kamu lakukan mungkin tidak sehat.

1. Kelaparan Yang Berlebihan

Jika kamu merasakan lapar secara konstan atau merasa perlu mengurangi posisi jumlah makan secara drastis, hal ini dapat menjadi tanda diet yang tidak sehat. Di mana seharusnya saat melakukan diet yang benar, membuat kamu merasa kenyang dan puas bukan rasa lapar yang berlebihan.

2. Kurangnya Energi dan Kelelahan

Sering kali diet yang tidak sehat membuat tubuh terasa kelelahan dan kekurangan energi. Ini karena asupan nutrisi yang masuk ketubuh berkurang, Oleh sebab itu menyebabkan tubuh merasa kelelahan, kekurangan energi, dan sulit berkonsentrasi.

3. Gangguan Pencernaan

Perubahan drastis dalam pola makan atau asupan makanan yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena kurangnya serat yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Mood Yang Berubah-ubah

Melakukan diet membuat asupan makanan yang masuk menjadi berkurang. Sehingga kondisi perut yang kosong dapat membuat suasana mood berubah-ubah. Perubahan mood yang segnifikan seperti mudah marah, cemas atau bahkan depresi dapat menjadi tanda diet kamu tidak sehat.

5. Mudah Sakit

Menjaga pola makan pada saat diet juga berpengaruh untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Pola makan yang tidak tepat dan tidak mencukupi kebutuhan gizi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkat risiko terkena penyakit dan infeksi.

Perlu diingat diet yang sehat tentang menjaga keseimbangan bukan tentang membatasi diri secara ekstrem. Konsultasikan segera ke dokter jika kamu ingin mulai melaksanakan diet yang sehat.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health