Ilustrasi orang menahan cegukan/Unsplash
Ilustrasi orang menahan cegukan/Unsplash
KOMENTAR

CEGUKAN adalah kondisi umum yang terjadi akibat kontraksi tiba-tiba dan tidak terkontrol pada diafragma yang berlangsung selama beberapa detik. Kondisi ini sering dialami oleh banyak orang dan biasanya tidak berbahaya.

Namun, kondisi cegukan yang terjadi secara terus menerus dapat membuat kita tidak nyaman saat berbicara. Cegukan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti makan minum terlalu terburu-buru, minum minuman berkarbonasi, dan perubahan suhu.

Cegukan pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dengan berinteraksi dengan orang lain hingga menjalankan tugas-tugas rutin.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu dapat menghilangkan cegukan. Ini dia caranya.

  • Tahan Napas

Cara umum ini cukup efektif untuk menghilangkan cegukan. Kamu dapat melakukannya dengan menghembuskan napas, ambil napas perlahan, tahan hingga 10 sampai 15 detik, lalu mengeluarkannya secara perlahan. Bila cegukan masih berlangsung, ulangi cara ini 2-3 kali hingga cegukan berhenti.

  • Memeluk Lutut Kaki

Belum banyak orang yang tahu ternyata memeluk lutut kaki dapat menghilangkan cegukan. Cara ini dapat di lakukan dengan duduk ataupun telentang, kemudian cari salah satu posisi ternyaman kamu dan dekatkan lulut ke dada, cobalah untuk condongkan sedikit tubuh ke depan dan pertahanan posisi ini dalam 1 menit. Posisi ini diketahui memberikan tekanan pada diafragma sehingga membantu menghentikan kontraksi cegukan.

  • Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat dapat membantu meredakan cegukan. Diketahui air hangat mampu meningkatkan aliran darah dan memperbaiki sirkulasi oksigen untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen. Cobalah minum air secara perlahan sambil menahan nafas lakukan cara ini kembali semisalnya cegukan masih berlanjut.

  • Mengeluarkan Lidah

Teknik satu ini dapat membantu saraf vagus meredakan kejang diafragma yang menyebabkan cegukan. Dengan mengeluarkan lidah, dapat memberikan tekanan ringan pada diafragma.

Dengan mencoba beberapa cara di atas, cegukan terus-menerus dapat segera teratasi.




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health