Ilustrasi kuku tangan/Freepik
Ilustrasi kuku tangan/Freepik
KOMENTAR

MENJAGA penampilan memang sangat penting, baik untuk meningkatkan rasa percaya diri maupun untuk memberikan kesan positif kepada orang lain. Penampilan yang rapi dan terawat dapat mencerminkan kepribadian seseorang dan menunjukkan bahwa kita peduli terhadap diri sendiri.  

Salah satu cara menjaga penampilan adalah dengan menjaga kebersihan kuku. Dengan kuku yang bersih dan terawat, penampilan kita akan terlihat lebih rapi.

Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap bahwa menjaga tampilan kuku tidak terlalu penting untuk diperhatikan. Dengan adanya bentuk dan warna kuku yang tidak sehat bisa menjadi indikasi adanya penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk tidak menganggap enteng hal ini.

Tampilan kuku sehat memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali dengan warna kuku berwarna merah muda, kuku tidak mudah patah, memiliki permukaan yang halus dan bersih, serta memiliki kutikula yang  sehat.

 Sedangkan kuku yang tidak sehat memiliki beberapa tanda  yang berpotensi mengindikasikan masalah tertentu seperti berikut ini.

Kuku Rapuh dan Mudah Patah

Kuku yang sering rapuh dan mudah patah sering kali dikaitkan dengan kekurangan vitamin dan mineral. Kondisi ini dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti penyakit tiroid atau  penyakit kulit tertentu. Di samping itu, kurang asupan biotin dan zat besi juga dapat menyebabkan kuku mudah rapuh.

Perubahan Pola Pertumbuhan Kuku

Dilansir dari Diri Care, perubahan pola pertumbuhan kuku merupakan kondisi di mana kuku tumbuh lebih lambat atau lebih cepat dari biasanya.

Pertumbuhan kuku yang lambat dapat menandakan masalah gangguan hormonal atau gangguan kesehatan, sedangkan pertumbuhan kuku yang cepat bisa disebabkan oleh perubahan nutrisi atau penyakit seperti hipertiroidisme. Pola pertumbuhan yang berubah ini dapat menjadi tanda penting dari kondisi kesehatan.

Garis Gelap pada Kuku

Garis gelap yang muncul secara tiba-tiba pada kuku, sebutan ini juga dikenal dengan acral lentiginous melanoma, menurut para ahli melanoma merupakan sejenis kanker kulit yang cukup serius.

Masalah ini muncul biasanya tanpa gejala awal yang jelas, sehingga penting untuk segera diperiksa ke dokter jika menemukan garis gelap pada kuku yang tidak hilang.

Peradangan di Sekitar Kuku

Kuku yang meradang menyebabkan pembengkakan di sekitar kuku, hal ini bisa terjadi karena infeksi bakteri yang memasuki melalui luka akibat potongan kuku yang terlalu dalam ataupun kondisi medis tertentu.

Perubahan Warna Kuku

Perubahan warna kuku dapat menjadi tanda masalah kesehatan tertentu salah satu nya seperti kuku berubah warna menjadi kuning dapat mengindikasikan penyakit paru-paru atau diabetes. Selain itu, kondisi kesehatan lain juga dapat tercermin dari warna kuku.




Apa Urgensi Vitamin D3 untuk Kesehatan Kita?

Sebelumnya

Dampak Buruk Terlalu Lama Menatap Layar TV dan Gawai Bagi Kesehatan Mata

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health