Ilustrasi orang minum kopi (Freepik)
Ilustrasi orang minum kopi (Freepik)
KOMENTAR

MENIKMATI secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi para pencinta kopi. Rasa yang khas serta aroma identik dari minuman tersebut memberikan semangat dan energi untuk memulai hari, efek ini disebabkan karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi.

Namun demikian meski begitu banyak dari beberapa orang yang dapat merasakan efek perut mulas setelah mereka  minum kopi.

Minum kopi dapat meningkatkan dorongan untuk buang air besar sekitar 20 menit setelah konsumsinya, dikutip dari Healthline.

Hal ini juga disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi yang memiliki efek pencahar di tubuh, menyebabkan kontraksi sfingter anal yang lebih kuat dan meningkatkan keinginan untuk buang air besar.

Adapun faktor lain yang dapat membuat perut mulas setelah minum kopi yaitu:

Minum Kopi Saat Perut Kosong

Saat perut kosong, kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung akibat asam klorogenat, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau dapat memicu rasa mulas.

Asam lambung juga dapat mengganggu aktivitas usus, yang pada akhirnya menghambat pencernaan dan menimbulkan rasa sakit, serta menyebabkan asam lambung naik. Ada baik nya jika ingin minum kopi sebaiknya makan terlebih dahulu.

Kandungan Laktosa Berlebih

Kopi yang di tambahkan dengan susu atau krimer, elemen bahan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, perut mulas, hingga diare untuk mereka yang intoleran terhadap laktosa. Kandungan pemanis buatan juga dapat membuat gangguan pencernaan sebab ada beberapa pemanis yang sulit dicerna pada tubuh.

Kandungan Kafein

Kafein yang terdapat dalam kopi mempengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan membuat kita lebih terjaga. Selain itu, kafein juga meningkatkan kontraksi otot di usus besar, dikenal dengan gerakan peristaltik membantu mendorong isi usus menuju pengeluaran sisa limbah makanan (rektum) dan memicu keinginan untuk buang air besar.

Memicu Gejala IBS

Gejala irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar, menimbulkan gejala seperti kembung, perut nyeri, diare dan sembelit. Kopi menjadi salah satu minuman yang dapat memicu gejala IBS, campuran bahan susu dan pemanis buatan juga harus dihindari untuk terhindar dari gangguan ini.

Jika kamu sering mengalami gejala mulas terus-menerus sehabis minum kopi yang pada akhirnya membuat kamu tidak nyaman, cobalah untuk mengurangi jumlah kopi yang kamu minum atau pilih kopi yang rendah asam.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health