Ilustrasi buah manggis (Unsplash)
Ilustrasi buah manggis (Unsplash)
KOMENTAR

MENGONSUMSI banyak buah memang disarankan selama masa kehamilan, salah satu buah yang direkomendasikan adalah buah manggis.

Buah ini berbentuk bulat dengan kulit mulus berwarna ungu. Manggis mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi serta antioksidan. Tidak heran bila buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil juga perkembangan janin.

Buah tropis ini sering di temukan di Asia tenggara dan dikenal dengan nama lainnya yaitu garcinia mangostana, mempunyai rasa yang manis dengan sentuhan asam yang khas.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi manggis diketahui mengandung banyak vitamin C, vitamin B2, xanthones, dan asam folat yang juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini manfaat mengonsumsi buah manggis selama kehamilan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah manggis memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Diketahui vitamin C membantu tubuh  terlindung dari paparan penyakit dan melawan infeksi.

Sumber Antioksidan Yang Tinggi

Senyawa antioksidan seperti xanthones membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan merusak sel kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit muncul.

Mengatasi Gejala Morning Sickness

Timbulnya rasa mual dan muntah pada ibu hamil di pagi hari  merupakan hal wajar pada saat awal kehamilan. Mengonsumsi buah manggis dapat mengatasi rasa mual di pagi hari yang umum dialami pada ibu hamil (morning sickness).

Sumber Energi

Karbohidrat dalam buah manggis membuat tubuh jadi lebih bertenaga sebab memberikan energi tambahan yang dibutuhkan ibu hamil. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang mengubah makanan menjadi energi.

Menjaga Pencernaan

Serat pada buah manggis membantu menjaga pencernaan dengan mencegah terjadinya sembelit yang sering terjadi selama masa kehamilan.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health