Ilustrasi basic gerakan plank. (Unsplash)
Ilustrasi basic gerakan plank. (Unsplash)
KOMENTAR

SALAH satu jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah dan tidak memerlukan peralatan khusus yaitu dengan melakukan latihan plank.

Latihan plank dilakukan dengan menahan berat badan sebagai beban saat kamu bertumpu pada kedua jari-jari kaki dan lengan bawah dengan posisi menghadap ke bawah.

Cara tersebut terbilang mudah dipraktikkan. Namun, bagi mereka yang belum terbiasa melakukan latihan gerakan ini, mungkin memerlukan waktu untuk beradaptasi agar terbiasa melakukan latihan plank yang membantu melatih otot-otot pada tubuh.

Menurut laman Harvard Health Publishing, plank adalah posisi di mana kamu menahan tubuh dalam posisi push-up sambil bertumpu pada lengan bawah. Plank merupakan latihan yang menguatkan otot inti, serta otot punggung, bahu, pinggul, dan kaki.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat ketika kamu melakukan latihan plank

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat melakukan latihan plank salah satu nya adalah memperbaiki postur tubuh. Bagi kamu yang sering bungkuk saat duduk atau berdiri, latihan plank dapat membantu meluruskan dan memperkuat otot-otot yang mendukung postur yang benar.

  • Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Latihan plank melibatkan banyak otot yang bekerja secara bersamaan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Melakukan latihan ini secara rutin dan terus-menerus dapat membakar kalori dalam tubuh bahkan setelah latihan selesai.

  • Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Pada latihan ini memang dibutuhkan keseimbangan dan koordinasi yang baik untuk tetap stabil dan seimbang. Kemampuan ini sangat penting, terutama saat melakukan aktivitas fisik lain yang membutuhkan keseimbangan.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

Plank meningkatkan kinerja otot terutama di area otot sekitar bahu, otot belakang, serta otot pinggul, membuatnya menjadi latihan yang komprehensif untuk memperkuat tubuh bagian atas dan tengah. Adapun latihan ini meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko cedera.

  • Mengurai Berat Badan

Dengan kamu melakukan latihan plank, ini membantu kamu membakar lemak di tubuh, khususnya lemak pada perut karena latihan ini melibatkan banyak otot untuk bekerja secara bersamaan.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health