Ilustrasi lansia hidup sehat. (Freepik)
Ilustrasi lansia hidup sehat. (Freepik)
KOMENTAR

GANGGUAN penglihatan sering terjadi akibat bertambahnya usia. Terlebih lagi ketika seseorang memasuki usia 60 tahun ke atas (masuk masa lansia), gangguan ini menyebabkan perubahan alami pada mata dan sistem visual.

Lansia berisiko mengalami kondisi seperti degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang umumnya dialami oleh lansia.

Penderita degenerasi makula akan mengalami penglihatan buram yang signifikan, yang secara langsung memengaruhi kemampuan mereka dalam membaca serta melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebabnya, faktor genetik diduga memainkan peran penting dalam perkembangan kondisi ini. Selain itu, gaya hidup dan paparan lingkungan juga bisa menjadi penyebab tambahan.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata sanggatlah penting. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan mata.

Berikut adalah 5 jenis makanan penting yang sebaiknya dikonsumsi oleh lansia untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel

Sayuran yang satu ini mungkin tidak asing lagi untuk menjaga kesehatan mata. Wortel adalah sayuran yang mengandung betakaroten, diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin a  berperan penting untuk memproduksi retina dan mendukung fungsi penglihatan yang optimal.

Buah Jeruk

Kandungan vitamin C tidak hanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga memberikan antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga hal ini dapat menjaga kesehatan mata.

 Ikan Salmon

Mengonsumsi ikan salmon adalah cara yang efektif untuk memperoleh asam lemak omega-3. Zat ini mengandung DHA yang dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit mata, termasuk degenerasi makula dan sindrom mata kering.

Telur

Nutrisi utama yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata yaitu lutein dan kuning telur merupakan salah satu sumber lutein terbaik. Menambah makanan yang mengandung lutein dapat mengurangi kemungkinan masalah mata yang serius contoh katarak dan glaucoma.

Daging-dagingan

Daging-dagingan yang mengandung seng membantu mata untuk melakukan pengelolaan vitamin A pada tubuh mengantar vitamin A ke retina mata sehingga memberikan perannya untuk melindungi mata.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health