Menparekraf hadir di AKI Kaldera Resort Danau Toba. (Humas Kemenparekraf)
Menparekraf hadir di AKI Kaldera Resort Danau Toba. (Humas Kemenparekraf)
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka “Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024” yang berlangsung di Kaldera Resort, Danau Toba, pada Jumat (5/7).

Menteri Sandiaga berharap program unggulan Kemenparekraf ini bisa memicu peningkatan omzet pelaku UMKM ekonomi kreatif (ekraf) terutama di Destinasi Super Prioritas Danau Toba. 

“Bismillahirohmanirohim, pameran AKI Danau Toba 2024 resmi kami buka. Semoga semua bisa meningkat secara kualitas dan bisa meningkat penjualannya, omzetnya juga meningkat. Sesuai dengan destinasi prioritas, produk-produknya memiliki kualitas dan bisa menembus pasar global,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Sejak 2021, program AKI telah berhasil menjadi wadah untuk saling berkolaborasi tidak hanya di antara peserta namun juga dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif. 

Menparekraf menyebut melalui kegiatan ini peserta memiliki kesempatan untuk dipertemukan dengan potential buyer bahkan investor sehingga diharapkan produk-produk yang dihasilkan semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

“Selama tiga hari berlangsung, saya harap teman-teman menambah pengetahuan karena nanti ada bootcamp, ada juga yang akan berbagi pengalaman,” kata Menteri Sandiaga.

Dilansir laman resmi Kemenparekraf, Menparekraf juga mendorong pemerintah daerah berkolaborasi dengan Badan Otorita Danau Toba (BODT) untuk memperbanyak event di Danau Toba. 

“Saya memberi arahan kepada Pak Jimmy (Dirut BODT) agar lebih banyak event diadakan di sini sehingga masyarakat punya pengalaman yang berbeda. Karena menurut data, walaupun kunjungan ke Toba naik 10 kali lipat, tapi ke Kaldera juga harus kita tingkatkan, jangan sampai  ada kunjungan stuck di sini,” pesan Menparekraf.




Pesan Damai dari Perjumpaan Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Sebelumnya

Kementerian Agama RI & LPDP Sediakan Beasiswa Non-Degree untuk Santri, Kesempatan Menimba Ilmu di Berbagai Benua

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News