Yuk, mengenal manfaat biotin. (Freepik)
Yuk, mengenal manfaat biotin. (Freepik)
KOMENTAR

BIOTIN juga dikenal sebagai vitamin B7, merupakan vitamin yang dapat larut dalam air dan termasuk salah satu dari delapan jenis vitamin B kompleks.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme energi dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu, biotin juga penting dalam sintesis asam lemak, pemecahan asam amino, dan mendukung pertumbuhan sel yang sehat.

Biotin membantu enzim tubuh untuk mengubah makanan yang masuk menjadi sebuah energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Kamu bisa menemukan sumber kandungan biotin dalam berbagai makanan dan minuman sehat , seperti telur, susu, bayam, ikan tuna, dan kacang-kacangan.

Simak berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan jika asupan biotin tercukupi:

Mengontrol Kadar Gula Darah

Biotin berperan penting dalam meningkatkan efisiensi insulin, yang membantu dalam mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Dengan demikian, asupan yang cukup dari biotin dapat mencegah terjadinya resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko untuk diabetes tipe 2.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kekurangan biotin dalam tubuh dapat terlihat dari gejala kesehatan kulit yang buruk. Biotin, atau vitamin B7, berikan berperan penting dalam produksi asam lemak yang mendukung hidrasi kulit dengan baik. Dengan mencukupi asupan biotin kulit akan tampak lebih sehat dan segar.

Tingkatkan Kesehatan Rambut

Selain dapat menjaga kulit tetap sehat, biotin juga dikenal karena perannya yang penting dalam memelihara kesehatan rambut. Vitamin B7 ini membantu mempromosikan pertumbuhan rambut yang kuat dan mencegah kerontokan rambut yang berlebihan, sehingga rambut tetap tebal dan berkilau.

Meningkatkan Kesehatan Kuku

Kuku yang mudah rapuh tentu membuat penampilan jadi kurang menarik serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu kekurangan biotin. Memastikan asupan biotin yang cukup dapat membantu memperkuat kuku dan membuatnya lebih sehat serta tidak mudah patah.

Menjaga Kehamilan

Menjaga kesehatan pada masa kehamilan memanglah sangat penting bagi ibu dan janin. Dengan memastikan asupan nutrisi yang tepat, menjaga pola hidup sehat, dan rutin memeriksakan diri ke dokter, ibu hamil dapat mendukung pertumbuhan janin, dengan menambah asupan biotin yang cukup selama kehamilan menjaga kesehatan pada masa kehamilan.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health