Ilustrasi anak sakit perut. (Freepik)
Ilustrasi anak sakit perut. (Freepik)
KOMENTAR

PERUT kembung merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja, termasuk pada anak-anak. Masalah perut kembung yang sering dialami oleh si kecil tentu saja membuat orang tua merasa cemas. Tentu saja, membuat si kecil menjadi lebih terganggu dan sering kali cepat rewel.

Penyebab umum perut kembung pada anak seringkali disebabkan oleh kurangnya pengawasan orang tua terhadap kecepatan makan anak, yang dapat membuat mereka makan terlalu cepat dan akhirnya menelan udara terlalu banyak.

Hal ini dapat menyebabkan pengumpulan udara di dalam perut sehingga membuat perut si kecil menjadi kembung, minum minuman bersoda terlalu banyak bisa menimbulkan kembung.

Perlu dipahami bahwa kondisi perut kembung dapat membaik dengan sendirinya, tentu kondisi ini tidak boleh dibiarkan saja. Oleh karena itu, setiap orang tua harus mengetahui cara yang efektif untuk mengatasi masalah perut kembung.

Minum Air Hangat

Air hangat merupakan salah satu cara alami yang efektif untuk meredakan perut kembung pada anak. Mengonsumsi air hangat membantu otot-otot perut menjadi relaks, memperlancar proses pencernaan, dan mengurangi rasa kembung yang tidak nyaman pada si kecil.

Hindari Makanan Pemicu Kembung

Sebaiknya hindari pemberian makanan yang dapat memicu perut kembung si kecil. Hindari makanan seperti kacang-kacangan, kubis, brokoli, dan makanan lain yang dapat menyebabkan gas berlebih di perut.

Kompres Hangat

Mengompres perut anak dengan menggunakan handuk hangat atau botol air hangat dapat membantu meredakan kembung yang dialami setelah makan. Metode ini tidak hanya aman dan mudah dilakukan, tetapi juga bisa menjadi cara yang nyaman bagi si kecil untuk merasa lebih baik.

Konsumsi Makanan Probiotik

Mengonsumsi makanan probiotik seperti yogurt mampu membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Pada akhirnya akan mengurangi perut kembung dan meningkatkan kesehatan pencernaan si kecil.

Jaga Pola Makan Sehat

Asupan pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu si kecil terhindar dari masalah perut kembung.

Awasi pola makan dan aktivitas anak untuk mencegah terjadinya kembung, dan jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health