Ilustrasi bibir bermasalah. (Unsplash)
Ilustrasi bibir bermasalah. (Unsplash)
KOMENTAR

PAPARAN sinar matahari ternyata tidak hanya berpotensi merusak kulit secara langsung. Radiasi sinar UV yang dipancarkan oleh matahari juga memiliki dampak negatif yang merugikan bagi kesehatan bibir. Kulit bibir yang tipis dan rentan dapat mengalami kerusakan akibat paparan langsung sinar UV.

Ketika bibir terpapar sinar matahari, tanda-tanda yang muncul meliputi bibir yang lebih kering, rentan pecah-pecah, perubahan pigmen bibir, dan lebih fatalnya jika dibiarkan begitu saja akan meningkatkan risiko kanker kulit di area bibir.

Oleh karena itu, perlindungan dan perawatan yang khusus terhadap bibir diperlukan untuk mencegah kerusakan yang mungkin timbul akibat paparan sinar matahari.

Berikut ini tips perlindungan yang dapat kamu lakukan dari paparan sinar matahari:

  • Gunakan Lip Balm Dengan Kandungan Spf

Carilah produk lip balm yang mengandung kadar spf (Sun Protection Factor) untuk terhindar dari sinar uv. Lip balm dengan kandungan spf membantu mencegah bibir dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Oleskan lip balm secara rutin terutama saat di luar ruangan.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu menjaga kelembapan kulit dan bibir dari dalam tubuh secara alami.

Air membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dan menjaga sel-sel kulit yang mendukung kesehatan bibir.

  • Pilih Produk Bibir Yang Tepat

Hindari penggunaan lip balm yang mengandung bahan kimia keras atau pewangi yang dapat menyebabkan iritasi. Lebih baik memilih produk bibir yang terbuat dari bahan alami yang memiliki sifat menenangkan dan melembapkan.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari yang terik secara langsung dapat menyebabkan kerusakan pada bibir. Karena itu, sangat disarankan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari pada bibir untuk mencegah potensi kerusakan lebih lanjut. Penggunaan topi atau payung cocok untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap bibir.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health