Perempuan sedang memeriksa kondisi wajah dengan rosacea. (Freepik)
Perempuan sedang memeriksa kondisi wajah dengan rosacea. (Freepik)
KOMENTAR

ROSACEA atau rosasea adalah salah satu penyakit kulit yang dimulai dengan kondisi kulit memerah atau wajah menjadi merah. Seiring berjalannya waktu, kemerahan tersebut akan menutupi lebih banyak area pada kulit, terjadi terus-menerus, dan muncul benjolan kecil seperti jerawat

Dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, rosacea biasanya dimulai dari area pipi kemudian menyebar ke hidung, dahi, dagu, telinga, bahkan ke mata dan dada. Ini termasuk kondisi kulit kronis yang harus segera diobati dan dikendalikan. Sayangnya, penyakit ini disebut-sebut belum ada obatnya.

Penyakit ini dapat muncul dalam bentuk yang berbeda dan usia yang berbeda. Biasanya dimulai sekitar usia 30 tahun, tetapi seseorang yang lebih muda juga dapat mengalaminya.

Terlepas dari itu, sangat penting untuk segera menemui dokter kulit setelah kamu menduga mendapati gejala rosacea. Sebab, seiring berjalannya waktu, kemerahan menjadi lebih intens dan menyebar. Kondisi itu dapat menyebabkan pembuluh darah terlihat, peradangan, jerawat dan mata merah.

Meskipun dapat terjadi pada siapa saja, tetapi rosacea banyak menyerang perempuan usia paruh baya berkulit terang. Gejala rosacea bisa hilang timbul, dan biasanya berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Penyebab Rosacea

Penyebab rosacea belum diketahui secara pasti, tapi diduga terjadi karena faktor genetik dan lingkungan. Beberapa faktor lain juga dapat menjadi penyebab terjadi rosacea, yaitu:

  1. Terpapar sinar matahari.
  2. Terkena angin yang kencang.
  3. Terjadi perubahan suhu udara dingin atau panas esktrem.
  4. Mengonsumsi makanan pedas atau minuman panas.
  5. Mengonsumsi minuman beralkohol.
  6. Minum obat-obatan yang bisa melebarkan pembuluh darah, seperti obat antihipertensi.
  7. Mengalami efek samping penggunaan produk perawatan kulit dan rambut.
  8. Melakukan olahraga yang terlalu berat.
  9. Mengalami stress.

Rosacea dapat terjadi pada siapa saja, tetapi risiko terkena penyakit ini lebih tinggi pada orang yang memiliki faktor-faktor berikut ini.

  1. Berusia 30-50 tahun.
  2. Berjenis kelamin perempuan.
  3. Memiliki riwayat rosacea dalam keluarga.
  4. Memiliki kebiasaan merokok.
  5. Memiliki tipe kulit sensitif.

Yuk, rawat kulit dengan baik agar selalu sehat. Bila terjadi kondisi kemerahan atau peradangan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter kulit.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health