Pameris dan dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana di Dekavestival#2. (Dok.DKV UMB)
Pameris dan dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana di Dekavestival#2. (Dok.DKV UMB)
KOMENTAR

MAHASISWA Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana menggelar Dekavestival#2 bertema “Palette of Perspective” pada 30 Juni - 1 Juli 2024 bertempat di Galeri Cipta 1 dan Galeri Cipta 2 Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Dekavestival merupakan pameran tahunan yang menampilkan karya Tugas Akhir para mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan menjadi syarat kelulusan di Universitas Mercu Buana.

Tak hanya menjadi ajang penampilan Tugas Akhir, Dekavestival juga menjadi sarana untuk mengevaluasi karya mahasiswa, memperoleh umpan balik, sekaligus mengeksplorasi konsep-konsep Desain Komunikasi Visual dari tanggapan target audience.

Adapun ranah dari Desain Komunikasi Visual yang beragam dan luas, membuat para mahasiswa memiliki variasi tema perancangan dan output yang berbeda-beda dalam karya Tugas Akhir masing-masing.

Keberagaman ini kemudian diibaratkan bak sebuah “palet” yang terdiri dari berbagai macam spektrum warna, tetapi masih bisa diindahkan ketika mereka disandingkan dalam suatu wadah yang sama. Itulah yang menjadi latar belakang pemilihan tema “Palette of Perspective” (POP) untuk Dekavestival tahun kedua ini.

Pemilihan tema “Palette of Perspective” bertujuan untuk mengindahkan variasi perspektif desain yang terdiri dari beragam spektrum warna melalui sebuah kesatuan palet dalam rumpun Desain Komunikasi Visual.

Sesuai tema “Palette of Perspective”, karya para pameris di Dekavestival#2 menghadirkan berbagai output di antaranya berupa campaign, branding, hingga story book dengan judul yang dekat dengan kehidupan anak muda dan isu-isu global seperti kesehatan mental hingga pelestarian lingkungan hidup.

Dekavestival#2 menargetkan tiga kategori target dan sasaran secara umum yang dituju oleh para mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Tiga kategori itu meliputi:

  1. Generasi Y (Millenials) dengan rentang usia 29 – 47 tahun.
  2. Generasi Z (Gen Z) dengan rentang usia 12 – 28 tahun.
  3. Masyarakat umum di sekitar area Taman Ismail Marzuki.

Pameran karya Tugas Akhir ini menghadirkan mahasiswa Desain Komunikasi Visual selaku pameris, di mana mereka akan menampilkan konsepsi karya beserta output dari perancangannya. Pameran ini akan dihadiri langsung oleh target audience dari masing-masing mahasiswa, sehingga dapat tercipta sebuah proses penerimaan feedback dan evaluasi karya.

Harapannya adalah karya Tugas Akhir mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana dapat dinikmati oleh target audience, memberikan insight penuh makna bagi mereka yang menyaksikan, serta menghasilkan evaluasi yang dapat meningkatkan kualitas karya pameris di masa depan.




Y.O.U Berkolaborasi dengan Love Pink dalam Kampanye #CaringGlow, Bukti Nyata Kepedulian terhadap Perempuan Indonesia

Sebelumnya

Tak Hanya Sekadar Hunian, Summer Home by ID12 Persembahkan ‘Rumah Berlibur’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E