Media gathering peluncuran Halal Kulture Market. (Dok. Halal Kultur Market)
Media gathering peluncuran Halal Kulture Market. (Dok. Halal Kultur Market)
KOMENTAR

SEBAGAI bentuk manifestasi kepedulian dan ikhtiar terhadap pengembangan kualitas spiritualitas generasi milenial dan Gen Z, Mumtaz Creative menggelar event bertajuk Halal Kulture Market Indonesia yang rencananya diselenggarakan  selama tiga hari (1-3 November 2024) di Hall 1-2 ICE BSD, Tangerang.

“Kecanggihan teknologi digital faktanya telah memberikan ruang-ruang digital yang membangun kontruksi spiritualitas generasi milenial dan Gen Z secara hybrid sehingga kurang substantif. Halal Kulture Market kami hadirkan untuk memberikan ruang eksistensi dan aktualisasi  bagi mereka dalam memaknai Deen Al- Islam secara mendalam sesuai tuntunan Rasul,” ungkap CEO Mumtaz Creative, Agung Paramata pada media gathering peluncuran Halal Kulture Market di Jakarta (11/7).

Keterlibatan langsung khususnya Gen Z dalam kegiatan komunitas spiritual keagamaan, menurut Agung Paramata dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk membangun hubungan sosial yang lebih dalam dan bermakna, yang pada gilirannya dapat berkontribusi positif terhadap kesejahteraan mereka.

Halal Kulture Market merupakan platform yang menghubungkan antara kultur gaya hidup halal yang dikemas kreatif. Tidak sekedar  pameran, tetapi juga terintegrasi dengan rangkaian program acara yang sarat dengan edukasi nilai-nilai keislaman yang  inklusif dan inspiratif sehingga memberikan pengalaman berkesan bagi kalangan muda dalam menerapkan prinsip hidup halal dalam kehidupannya.

“Dengan menginternalisasikan prinsip hidup halal, diharapkan milenial dan Gen Z dapat menjadi agen perubahan yang membawa inspirasi, harapan dan kebaikan dalam masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” ujar Agung.

Halal Kulture Market juga merupakan sebuah ekosistem bisnis yang menstimulasi tumbuhnya komunitas-komunitas anak muda kreatif “hijrah” yang kreatif melahirkan produk-produk halal kekinian.

Diakui banyak kalangan, keunggulan milenial dan Gen Z tidak hanya melek dan terampil teknologi, tetapi juga kreatif dan inovatif dalam berkarya, mulai dari karya seni, desain, fashion, hingga teknologi. Mereka juga memiliki keberanian untuk mencoba hal-hal baru dan berjiwa mandiri (wirausaha).

Karena itulah Halal Kulture Market diharapkan mampu menjadi inkubator bisnis dan branding bagi berkembangnya brand-brand indie besutan anak muda yang notabene memiliki karakteristik yang menonjol dari segi formulasi, desain kemasan, cara pemasaran, hingga pengalaman berbelanja.

Brand indie juga cenderung lebih mudah membentuk “fanbase” lantaran gaya komunikasi yang lebih akrab selayaknya sosok teman.

“Halal Kuture Market diharapkan menjadi trendsetter gaya hidup halal milenial dam Gen Z yang selalu ditunggu kehadirannya, karena banyak hal baru diluncurkan di event ini,” ujar Agung.

Di area seluas 15,000 m2, dihadirkan sekitar 200 exhibitor dari berbagai brand established dan indie yang meliputi kategori produk yaitu fashion, herbal & farmasi, halal cosmetics, halal travel, education, halal Food & Beverage, financial syariah, syariah wedding, dan multiproduct.

Sesuai dengan tema event Connected, Elevated halal into Your Lifestyle, Mumtaz Creative berkolaborasi dengan berbagai mitra dan komunitas menyuguhkan program-program acara yang lebih fresh dan tersebar di sejumlah ‘distrik’, di antaranya district activism menampilkan - VM n Art Area, live performance, second hobby district, Mini Sport League, Barber Cut, kegiatan panggung bersama, playground, juga pojok baca untuk orang tua dan anak-anak.

Di area mini stage, pengunjung bisa menyimak obrolan santai yang mengulas topik hangat dan hobi bersama ahlinya. Selain itu juga diramaikan dengan berbagai acara gathering komunitas seperti olahraga & ngopi bareng komunitas.

Bagi pengunjung yang ingin memperdalam ilmu keagamaan, bisa leluasa mengikuti Deep Talk bersama asatidz, bedah buku, dan program-program menarik lainnya untuk meningkatkan keimanan dan keilmuan.

Untuk kenyamanan pengunjung khususnya lansia, anak-anak, dan difabel, penyelenggara juga menyiapkan fasilitas pendukung berupa stroller, ruang laktasi, serta kursi roda.

Meski event ini perdana digelar, Agung Paramata optimis bisa menarik perhatian sekitar 25 ribu pengunjung. Saat ini, Mumtaz Creative masih membuka kesempatan kepada mitra yang ingin berkolaborasi dan mendukung membuminya halal lifestyle di kalangan anak muda.

“Kami menawarkan warna baru yang berbeda dari event-event halal yang sudah ada saat ini. Hadirnya Halal Kulture Market, diharapkan bisa memperkaya khasanah event halal dan menjadi referensi utama bagi anak muda dalam meningkatkan spiritualitas keislaman mereka,” pungkas Agung.




Y.O.U Berkolaborasi dengan Love Pink dalam Kampanye #CaringGlow, Bukti Nyata Kepedulian terhadap Perempuan Indonesia

Sebelumnya

Tak Hanya Sekadar Hunian, Summer Home by ID12 Persembahkan ‘Rumah Berlibur’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E