Ilustrasi dokter sedang memberi penjelasan pada pasien. (Freepik)
Ilustrasi dokter sedang memberi penjelasan pada pasien. (Freepik)
KOMENTAR

PENYAKIT batu ginjal, yang dikenal dalam istilah medis sebagai nefrolitiasis atau urolitiasis, terjadi ketika mineral dan garam mengeras di dalam ginjal lalu membentuk struktur yang menyerupai batu. Batu ginjal memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari partikel kecil menyerupai pasir hingga batu yang cukup besar.

Endapan tersebut tidak hanya terjadi di ginjal, tetapi juga dapat terbentuk di sepanjang saluran kemih, termasuk saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih (ureter), dalam kandung kemih, juga saluran yang mengeluarkan urine dari tubuh (uretra).

Proses pembentukan endapan mineral dan garam ini dapat terjadi di berbagai bagian saluran kemih. Dan terbentuknya batu ginjal dapat menyebabkan nyeri hebat saat melewati saluran kemih.

Kamu dapat mencegah terjadinya batu ginjal dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang sesuai dengan gaya hidup sehat. Berikut beberapa tips efektif untuk mencegah terbentuknya batu ginjal:

Perbanyak Minum Air Putih

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan harian sebagai langkah utama dalam mencegah batu ginjal. Air membantu larutkan zat-zat yang dapat membentuk batu di ginjal. Disarankan untuk minum minimal 2-3 liter air per hari, atau lebih bila Anda aktif berolahraga atau tinggal di daerah beriklim panas.

Kurangi Asupan Garam

Asupan garam dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam urine, kandungan garam yang tinggi berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Disarankan untuk menghindari makanan  tinggi garam, seperti makanan cepat saji atau makanan olahan dalam kaleng. Sebaliknya, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi serat untuk mendukung kesehatan saluran kemih dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Meskipun ekskresi kalsium dalam urine dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal, kekurangan kalsium dalam pola makan juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Disarankan untuk memperoleh cukup kalsium dari makanan alami daripada mengandalkan suplemen kalsium.

Kurangi Makanan Protein Hewani

Makanan yang kaya protein hewani seperti daging merah, ayam, dan makanan laut dapat meningkatkan kadar asam urat dan kalsium dalam urine. Pertimbangkan untuk meningkatkan konsumsi protein nabati sebagai pengganti protein hewani tersebut.

Tetap Aktif Bergerak

Melakukan aktivitas gerak maupun fisik setiap hari secara rutin bantu mengontrol berat badan agar tetap sehat serta mengurangi risiko penyakit batu ginjal. Luangkan waktu minimal 30 menit dalam 3-5 hari seminggu untuk melakukannya.

Kurangi Makanan Oksalat

Sama seperti makanan tinggi garam, mengonsumsi makanan oksalat secara berlebih juga dapat membuat jumlah kalsium meningkatkan dalam urine. Jika kondisi ini terjadi, oksalat akan bergabung dengan kalsium dan membentuk kristal yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Sebab itu cobalah untuk mengurangi oksalat dalam makanan.

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tips efektif dan personal dalam mencegah batu ginjal. Ingatlah, mencegah lebih baik daripada mengobati.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health